Artikel

Yohana X Factor Dukung Keluarga Sayangi Anak Berkebutuhan Khusus

Blimbing, (malangkota.go.id) – Siapa yang tidak tahu Yohana Febrianti Hera? Dia adalah seorang perempuan berkebutuhan khusus finalis X Factor 2013. Pada Hari Disabilitas Internasional 2021 ini dia tampil memukau di hadapan warga berkebutuhan khusus di Hotel Atria, Kota Malang, Selasa (7/11/2021). Yohana tampil dengan membawakan lagu dari Tulus yang berjudul Manusia Kuat.

Yohana saat tampil di Hotel Atria, Kota Malang

Karena bagusnya penampilan Yohana, warga berkebutuhan khusus Kota Malang itu meminta histeris untuk kembali menyanyikan lagu lainnya. Namun karena padatnya jadwal, putri dari pemain Persema Malang Johanes Geohera tidak bisa memenuhi permintaan tersebut.

Usai bernyanyi, Yohana mengaku kepada media, bahwa dirinya saat ini jarang tampil di layar kaca karena banyaknya permintaan tampil di berbagai daerah. Ia mengaku, tampil di Kota Malang adalah sesuatu yang sangat menyenangkan apalagi untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional.

“Apapun keadaan kita, jangan pernah menyerah. Selalu bersyukur dan terus berkarya sesuai dengan kemampuan kita,” imbuh Yohana.

Berkat terus belajar, Yohana membuktikan meski tidak dapat melihat, namun dia bisa meraih berbagai prestasi. Mulai dari tampil di X Factor hingga menyelesaikan studi di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya tahun akademik 2017/2018.

Terkait prestasinya selama ini, Yohana menyebutkan tidak lepas dari kuatnya dukungan keluarga dan lingkungan yang selama ini. Ia mengaku, bahwa dukungan itu membuatnya semakin percaya diri. Sehingga Yohana bisa mengatasi banyaknya pandangan yang masih keliru terhadap para penyandang disabilitas.

“Sebagian orang masih ada yang memandang sebelah mata terhadap orang yang berkebutuhan khusus. Namun saya menekankan, manusia memiliki kemampuan yang berbeda. Di sinilah keluarga hadir memberikan semangat dan doa,” ujar Yohana.

Selain dukungan keluarga, yang tak kalah pentingnya bagi penyandang disabilitas adalah tetap percaya diri dan selalu bersyukur. Di mana keterbatasan bukanlah suatu hambatan untuk meraih kesuksesan.

“Jangan jadikan keterbatasan menjadi penghambat untuk meraih mimpi dan apa yang dicita-citakan. Meski memiliki kekurangan, jangan menutup diri,” tegas Yohana.

Untuk keluarga yang memiliki anak berkebutuhan khusus, kata Yohana, tetap bersyukur dan mendidiknya dengan baik. Keluarga harus memberikan semangat dan meyakinkan anaknya bisa meraih apa yang menjadi cita-citanya. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content