Berita Pendidikan

Cara Kecamatan Lowokwaru Cegah Kenakalan Remaja

Lowokwaru, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Kecamatan Lowokwaru mengadakan Sosialisasi Kenakalan Remaja di kantor kecamatan setempat, Rabu (8/12/2021). Acara ini untuk memberikan edukasi kepada generasi remaja sehingga terbebas dari berbagai permasalahan yang dihadapi para remaja. Misalnya, penyalahgunaan narkotika dan seks bebas.

Kegiatan sosialisasi bahaya kenakalan remaja di Kecamatan Lowokwaru

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Malang Drs. Mulyono, M.Si mengatakan, saat ini zaman sudah berubah dibandingkan di zaman dulu. Dia mengaku saat masih remaja di Kebalen, Kota Malang banyak terjadi berbagai kenakalan remaja.

“Kalau mau tahu, saya mengalami hidup di kampung kumuh Kebalen. Mulai dari misuh, ngejar layangan di atas rumah orang tanpa izin, mencuri tidak ada yang melarang, merokok, minum bir, mengonsumsi ganja, berkelahi, melempari batu rumah orang adalah biasa. Karena saya tinggal di kampung kumuh, ya seperti itu,” ujar Mulyono.

Seiring berjalannya waktu dan pemikiran, Mulyono sadar bahwa hal itu tidak bisa diteruskan untuk meraih kesuksesan. Karena itu, muncul dari diri sendiri bagaimana merubah pemikiran untuk tidak ikut teman-teman di sekitar lingkungan.

“Alhamdulillah setelah banyak belajar, mau keluar dari lingkungan. Akhirnya saya bisa menjadi seperti saat ini dan bekerja di Pemkot Malang,” tegas Mulyono.

Dari pengalaman ini, Mulyono mengajak para peserta yang merupakan para pelajar dari kalangan remaja untuk berani keluar dari pemikiran yang salah dan lingkungan yang tidak baik. Selain itu, Mulyono berharap remaja tidak hanya bermain smartphone yang tidak bermanfaat.

“Saya sering heran saat melihat anak-anak nongkrong di warung, meski berkumpul ternyata main smartphone sendiri-sendiri. Ini sangat berbeda dengan di zaman saya dulu, kalau nongkrong ya melakukan komunikasi dengan teman-teman,” terang Mulyono.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Lowokwaru Hariyadi Budhi Handoko mengungkapkan, kegiatan ini adalah usaha pemerintah melakukan edukasi kepada remaja di Kecamatan Lowokwaru. Di mana tujuan akhir dari acara ini adalah melakukan pencegahan terhadap kenakalan remaja.

Selain Mulyono, turut menjadi pemateri Kapolsek Lowokwaru Kompol Suyono, petugas penyuluhan dari BNN Kota Malang. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content