Artikel

Berwisata di Malang Raya, Jangan Lupa Nikmati Bakso Bakar Pak Man

Malang, (malangkota.go.id) – Kota Malang banyak memiliki kuliner khas yang selalu jadi incaran baik warga lokal maupun wisatawan. Salah satu kuliner yang jadi jujugan penikmat wisata kuliner adalah Bakso Bakar Pak Man. Bakso ini digadang-gadang sebagai bakso bakar pertama yang ada di Kota Malang. Usaha bakso ini dimulai oleh Soeparman, pria asal Jawa Tengah yang kemudian merantau ke Kota Malang.

Bakso bakar

“Bakso ini sudah ada sejak tahun 1965. Dulu kata Pak Man (sapaan akrab Soeparman), awalnya pernah keliling jual bakso, terus buka di depan SMP Negeri 9, lalu buka cabang dulu di Cipto, setelah itu di sini (Jalan Diponegoro),” terang Pak No, pengelola Warung Bakso bakar Pak Man sekarang, Kamis (13/1/2021).

Berbeda dengan bakso yang seringkali dijumpai di Kota Malang lainnya, di warung ini tidak akan menemukan siomay basah dan goreng. Hanya ada tiga menu yang dapat dinikmati, yakni bakso bakar, bakso rebus, dan tahu goreng.

“Kan Pak Man asalnya dari Solo, jadi bakso ini memang jenis bakso solo. Tapi di sini yang khas bakso bakarnya. Dulu Pak Man jualnya ya bakso kuah biasa. Ada bakso bakar ini pas reformasi. Dulu itu belum ada bakso bakar dan Pak Man ini yang pertama kali buat,” ungkap Pak No.

Bakso Pak Man

Di warung bakso ini, pecinta kuliner bisa minta level kepedasan baksonya. Pecinta kuliner bisa memesan bakso bakar yang tidak pedas, sedang, ataupun pedas sesuai selera. Perpaduan manis, gurih, dan pedas bisa dinikmati setiap kali Anda menggigit bakso bakar ini. Disandingkan dengan kuah yang segar dan bakso rebus, serta tahu yang nikmat tentu akan semakin menggugah selera makan.

Pak No menuturkan, dalam sehari pihaknya bisa memproduksi bakso hingga 40 kilogram. Bakso Bakar Pak Man memang disukai banyak orang, tak heran jika setiap harinya warung ini selalu ramai. “Yang datang mulai anak-anak, anak muda, orang tua. Lebih ramai lagi pada Sabtu-Minggu, dari luar kota itu banyak,” ujarnya.

Untuk mengelola warung bakso di cabang Jalan. Diponegoro Nomor 19 ini, Pak No dibantu oleh tujuh orang karyawan. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB, untuk Jumat buka usai salat Jumat. Untuk satu buah varian bakso bakar dan rebus maupun tahu harganya Rp3.000,00 per buah. Sedangkan untuk mi (suun), bebas mengambil sepuasnya.

Nikmatnya bakso bakar ini juga dapat ditemukan di cabang Jalan Borobudur, Ruko Soekarno Hatta No. 19, Malang. Sudah ada rencana wisata kuliner di mana? Mungkin Bakso Bakar Pak Man ini menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda ya. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content