Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tematik Lanjut Usia (Lansia) Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023 dengan tema ‘Menuju Malang Kota Ramah Lansia’ di Hotel Atria, Selasa (15/2/2022).

Salah satu warga lanjut usia menandatangani berita acara Musrenbang Lansia di Kota Malang

Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu, SH., M.Hum menyampaikan, musrenbang tematik telah berjalan tahun keempat. Ia berharap semakin tahun berbagai usulan yang masuk dalam musrenbang lansia ini dapat semakin terakomodir.

“Salah satu kendala dalam musrenbang lansia adalah keterbatasan kamus usulan yang terkait dengan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), di mana kamus usulan harus masuk masuk ke SIPD. Harapan kami di tahun 2024 nanti kamus usulan dapat terakomodir lebih banyak lagi,” jelas Dwi.

Jumlah usulan yang masuk pasca-desk pramusrenbang totalnya 54 usulan yang tersebar di 16 perangkat daerah. Sebelumnya, pada 13 Desember 2021 telah dilaksanakan Forum Pramusrenbang Tematik Lansia yang dihadiri oleh 17 kelompok masyarakat penyelenggara lanjut usia dan 16 perangkat daerah. Semua usulan akan diproses dan dibawa ke forum tingkat kota sesuai mekanisme perencanaan pembangunan daerah yang berlaku.

“Sehingga Pemkot Malang melalui Bappeda terus menguatkan kerja sama dengan seluruh perangkat daerah. Sehingga kamus usulan bisa dibuat semaksimal mungkin dengan melihat apa saja yang dibutuhkan oleh lansia,” tambahnya.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dr. Sukesi, Apt yang hadir sebagai narasumber mengapresiasi kegiatan musrenbang tematik khususnya lansia ini. “Saya berharap apa yang sudah dipertahankan dan apa yang belum dilengkapi sehingga selain dapat mendorong dan meningkatkan produktivitas lansia dapat terwujud Kota Malang Ramah Lansia,” tutur Sukesi.

Melalui musrenbang ini diharapkan meningkatkan partisipasi peran serta aktif lansia, baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan serta pemantauan terkait kelanjutusiaan, sekaligus langkah strategis dalam mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Ramah Lansia.

Musrenbang tematik lansia ini diikuti oleh perwakilan perangkat daerah dan kelompok masyarakat penyelenggara lanjut usia di Kota Malang. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content