Malang, (malangkota.go.id) – Kota Malang mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam bidang ekonomi kreatif (ekraf). Termasuk mempunyai potensi yang besar di bidang industri teknologi informasi (IT). Salah satunya PT Sekawan Media Informatika atau Sekawan Media yang merupakan software house atau perusahaan yang bergelut di bidang pengembangan aplikasi (software development).

Salah satu produk Sekawan Media aplikasi SMART untuk PT. Pegadaian (Persero)

Perusahaan startup digital yang berpusat di Kota Malang ini bergerak di bidang jasa pembuatan aplikasi, software, website, mobile dan konsultan IT. Sekawan Media yang memiliki kantor di Jalan Maninjau Raya Nomor 29 Kota Malang.

Salah satu founder Sekawan Media, Asmaullahil Husna menyampaikan, saat ini Sekawan Media memiliki lebih dari 30 karyawan dan sudah menangani lebih 200 project dari 100 lebih klien, Jumat (25/2/2022). Didirikan pada tahun 2013, Sekawan Media memiliki tiga orang founder lainnya, yaitu Dwiyana Kurniawan, Eko Dedy Purnomo, dan Arief Andriyan.

“Sekawan Media memiliki beberapa layanan, solusi dan produk. Kami menawarkan layanan pembuatan dan pengembangan aplikasi pembuatan, pengembangan dan perawatan produk digital pembuatan website. Lalu dari beberapa studi kasus yang telah kami kerjakan, kami membuat solusi yang dapat memecahkan masalah klien dan dapat diimplementasikan secara cepat,” jelasnya.

Solusi yang ditawarkan misalnya, lanjut Husna, dalam bidang back office antara lain adalah e-office, document management, internal audit, visitor management, event management, dan academic. Sedangkan dalam proses production ada production & manufacture management, regulatory affair, research development, quality control, fleet management, expedition & logistic management.

“Sedangkan dalam bidang business and operations solusi-solusi yang ditawarkan oleh Sekawan Media, antara lain adalah Hospital Management Credit Union Management Marketplace & E-Commerce Point of Sales Accounting,” paparnya.

Selain layanan dan solusi tersebut, Sekawan Media mempunyai satu produk yang sudah digunakan oleh 60 instansi di seluruh Indonesia. Sipas atau Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Surat yang membantu proses pencatatan surat dan distribusi surat lebih mudah, cepat dan akurat.

“Selain mengubah data manual menjadi digital, Sipas juga memberi fasilitas otomasi seperti penomoran otomatis dan pembuatan surat menggunakan template. Bagaimana menarik minat pasar? Tentunya dengan kebutuhan era digital yang meningkat membuat banyak perusahaan menyadari betapa pentingnya digitalisasi, tidak hanya mengubah data manual menjadi digital tapi juga membuat alur bisnis secara digital dan otomatis,” terangnya.

Husna mengatakan, sebagai perusahaan tentu ada tantangan yang dihadapi dalam industri ini. Salah satunya adalah persaingan yang semakin ketat dengan banyaknya bermunculan software house di hampir seluruh Indonesia.

“Namun strategi pemasaran dan promosi terus dikuatkan. Strategi pemasaran atau promosi menggunakan strategi pemasaran digital melalui website dengan mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google,” ujar Husna.

Bagi yang ingin mendapatkan layanan dan solusi dari Sekawan Media, dapat mengunjungi website https://www.sekawanmedia.co.id/ atau berkonsultasi langsung dengan team melalui WhatsApp (https://web.whatsapp.com/send?phone=6282244444312). Diharapkan dengan potensi Sekawan Media dapat menguatkan Kota Malang sebagai gudangnya startup. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content