Artikel Kuliner UMKM

Roti Jadul Khas Toko Roti Hawaii Dijual di Kayutangan

Malang, (malangkota.go.id) – Kawasan Kayutangan menyimpan sejuta kenangan. Banyak bangunan tua dan toko-toko legendarisnya. Salah satunya adalah toko Roti Hawaii. Toko ini sudah ada sejak 26 Juli 1978. Pendiri pertamanya adalah Kuntadi Adiwinoto yang kini dikelola oleh anaknya, yakni Purwanto Adiwinoto dan Idayati Suciadi.

Penjual menunjukkan roti Hawaii

“Kalau di sini itu memang rotinya kuno dengan bahan-bahan isian yang dibuat sendiri. Untuk yang favorit di sini adalah roti kacang hijau, roti pisang cokelat dan roti srikaya. Kalau sekarang, dalam sehari kami produksi 300 roti, kalau pas rame ya bisa sampai 500 roti. Kami juga terima pesanan untuk berbagai acara. Biasanya untuk wisuda kami terima pesanan 15.000 ribu roti. Pernah juga dipesan untuk acara waktu Pak SBY di Malang dulu,” tutur Idayati.

Tekstur padat berpadu dengan isian menghasilkan roti dengan cita rasa yang sulit ditemukan di tempat lain. Selain resep turun-temurun, pengolahan adonan juga masih sama dengan yang dulu. Di toko ini pun, pembeli juga dapat mengintip proses pengolahan roti karena dapurnya didesain terbuka berada di belakang kasir. Satu hal unik lainnya adalah mixer yang digunakan untuk membuat adonan Roti Hawaii ini berumur sama dengan toko ini.

“Saat ini ada kurang lebih 60 varian. Ada roti, croissant, pastry, kue tart juga. Tapi, orang lebih kenal Hawaii itu dengan rotinya, roti-roti kunonya. Roti kita dikatakan kuno karena cita rasanya lain. Kemudian bentuknya pun banyak orang bilang kurang modis, karena biasa. Terus roti kita itu besar dan mantep, kita makan satu itu kenyang,” ceritanya.

Selain itu, roti ini dijual juga selalu fresh. Idayati bersama para karyawannya bisa beberapa kali memproduksi roti dalam sehari. “Roti di sini selalu fresh, jadi kami tidak buat dalam satu kali produksi. Begitu habis kita produksi lagi. Roti kami idealnya bisa bertahan hingga tiga hari, karena kami produksi tanpa pengawet. Tapi konsumen kami bilang lebih dari tiga hari masih enak, karena dimasukkan kulkas, katanya rasanya tetap sama,” ungkapnya.

Nawak Ngalam, ingin roti modern bercita rasa jadul, boleh mampir mencicipi roti ini. Roti Hawai ini dijual mulai harga Rp9 ribu hingga Rp25 ribu. Toko yang terletak di Jalan Basuki Rachmad 80B ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-20.00 WIB. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content