Kedungkandang, (malangkota.go.id) – Menggali bibit-bibit atlet balap sepeda di Kota Malang, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang menggelar kejuaraan balap sepeda untuk anak-anak usia sekolah dasar (SD) di Velodrome Sawojajar, Kamis (30/3/2022).

Kejuaraan BMX di Velodrome Sawojajar

Pejabat Fungsional Analis Keolahragaan Disporapar Kota Malang Nur Rudianto mengungkapkan, kejuaraan balap sepeda usia dini ini merupakan ajang pembibitan. Di mana fokus kejuaraan diarahkan untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

“Para peserta kejuaraan ini anak-anak dari SD/MI di Kota Malang dan bersekolah di Kota Malang,” jelas Rudi.

Kejuaraan dibagi dua kategori, pertama untuk BMX Cross untuk anak-anak usia dini yang sudah pernah belajar dan bertanding. Kedua BMX Velo untuk anak-anak yang masih dalam pengenalan dan baru belajar untuk mengenal kejuaraan di nomor BMX.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-108 Kota Malang. Kejuaraan juga merupakan bentuk olahraga rekreasi dengan membawa anak-anak menyalurkan hobi bersepeda,” terang Rudi.

Dengan adanya kejuaraan ini akan dipantau anak-anak yang memiliki potensi untuk dibina lebih lanjut menjadi atlet andalan Kota Malang. Di mana selama ini Kota Malang selalu melahirkan atlet-atlet berprestasi di cabang olahraga balap sepeda.

“Nanti anak-anak yang punya bakat bagus di cabang balap sepeda akan dibina lebih lanjut di Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Malang, agar pembinaannya bisa lebih terarah,” terang Rudi.

Kejuaraan ini diharapkan juga membuat akan-anak senang, bisa memiliki hobi yang positif dan menghindarkan anak-anak dari pergaulan yang salah sejak dini. Jika minat bersepeda sudah tumbuh sendiri dari anak-anak, tentu akan lebih mudah mengarahkan mereka dibina menjadi atlet berprestasi. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content