Anak Berita

Cegah Stunting, Puskesmas Janti Edukasi Gerakan Protein Hewani

Sukun (malangkota.go.id) – Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-63 tahun 2023, Puskesmas Janti Kota Malang memberikan edukasi terkait pelaksanaan gerakan protein hewani di Posyandu Alpukat RW 04, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun Kota Malang, Kamis (9/2/2023).

Pemateri dari ahli gizi di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Adji Hambali memberikan edukasi terkait pelaksanaan gerakan protein hewani di Posyandu Alpukat RW 04, Kelurahan Tanjungrejo

Kegiatan edukasi gerakan mengonsumsi protein hewani ini juga menjadi salah satu upaya Puskesmas Janti dalam pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting. Di mana protein hewani merupakan salah satu instrumen gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil serta anak-anak untuk mencegah stunting karena mengandung asupan yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Pelaksanaan kegiatan edukasi gerakan protein hewani cegah stunting dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-63 ini dibagi menjadi dua sesi. Ada pemaparan materi, di mana setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab,” jelas Senitri Ariyani, SST., Nutrisionist Puskesmas Janti.

Pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-63 yang jatuh pada tanggal tanggal 25 Januari 2023 ini Kementerian Kesehatan mengangkat tema ‘Protein Hewani Cegah Stunting’. Hal tersebut menjadi momentum penting untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan, salah satunya dengan terus memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Ada 87 peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan. Mereka pun terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan hingga akhir. Edukasi pelaksanaan gerakan protein hewani cegah stunting ini menghadirkan pemateri Bapak Adji Hambali, SST, RD yang merupakan ahli gizi di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA),” terangnya.

Salah satu poin penting materi yang diberikan adalah terkait sumber-sumber protein yang dapat dikonsumsi setiap hari bersama dengan asupan lain sesuai dengan prinsip gizi seimbang yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur dan buah. Adapun beberapa protein hewani yang tersedia dan mudah diperoleh antara lain seperti telur, ikan, daging dan susu.

“Untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang diberikan merupakan bentuk olahan protein hewani, berupa rolade telur sayuran yang kaya akan protein hewani dan vitamin. Diharapkan PMT yang diberikan bisa menjadi inspirasi menu olahan protein hewani yang baik untuk pertumbuhan, serta dapat mencegah stunting,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI) Kota Malang, Rosidah Inayati, S.Gz., MM, RD, ahli gizi dari Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) dan petugas kesehatan dari Puskesmas Janti Kota Malang. (yul/yon

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content