Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) menyelenggarakan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi Pencari Kerja Tahun 2022 di Hotel Atria, Kamis (31/3/2022).

Plt. Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah menyampaikan sambutan

Tujuan acara ini sebagai salah satu upaya untuk mengentaskan pengangguran di Kota Malang. Masalah pengangguran yang terjadi di Kota Malang pada umumnya disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja, baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja.

Beberapa hal itu yang disampaikan Plt. Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah, SE., MM. Menurutnya, dengan demikian terjadi kesenjangan dalam penempatan tenaga kerja dan menjadi kendala dalam proses penempatan tenaga kerja.

“Dengan fenomena meningkatnya pengangguran, maka dibutuhkan upaya peningkatan pengetahuan sumber daya manusia melalui peningkatan kapasitas para pencari kerja,” kata Siti Mahmudah.

Pihaknya berharap bisa menciptakan tenaga kerja yang siap pakai, terampil, disiplin, produktif, paham perjanjian kerja, dan memiliki etos kerja sesuai kebutuhan industri, dan usaha mandiri. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Desember 2021 jumlah angkatan kerja di Kota Malang sebesar 482.172 orang, terdiri dari 453.630 orang merupakan penduduk bekerja dan 46.542 orang pengangguran.

Sementara itu, Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnaker PMPTSP Kota Malang Ir. Titis Andayani, MM. Mengungkapkan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan memberi pembekalan persiapan memasuki dunia kerja kepada para pencari kerja.

“Agar pencari kerja dapat segera mendapat pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensi yang dimiliki. Selain itu, juga perusahaan dapat memperoleh tenaga kerja yang profesional, berkualitas, dan sesuai dengan syarat jabatan yang dibutuhkan,” terang Titis.

Sejumlah 85 orang peserta yang merupakan alumni siswa SMK pada bursa kerja khusus (BKK) Kota Malang hadir dalam kegiatan ini. Hadir sebagai narasumber Noor Rahayu Agustinawati, S.Psi., M.Psi (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur) dan Carter Wira Suteja, SH (Disnaker PMPTSP Kota Malang). (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content