Berita

Regenerasi Jabatan Strategis Pemkot Malang Terapkan Sistem Merit

Malang (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar kegiatan Implementasi Kebijakan Pola Karir Pimpinan Tinggi Pemerintah Daerah di Balai Kota Malang, Selasa (14/6/2022). Sebanyak 117 orang pejabat administrator mengikuti acara pembinaan yang dibuka oleh Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memberikan pengarahan saat Implementasi Kebijakan Pola Karir Pimpinan Tinggi Pemerintah Daerah

“Kemampuan literatif, ketangguhan emosional, smart dan loyalitas harus dimiliki. Harus tahu kapan ‘to manage’ dan kapan ‘to lead’. Kita tidak ingin mindset superman, tapi kita bangun superteam,” pesan Sutiaji.

Dia meminta para pejabat eselon 3 memahami dan membekali diri dengan kualifikasi pejabat pimpinan tinggi pratama (JPT) berbasis sistem merit, sebagaimana spirit peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Regenerasi posisi pimpinan pada 10 perangkat daerah menurutnya akan segera dilakukan berbasis kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Tentunya memperhatikan pula faktor integritas dan moralitas.

“Nanti terbuka. Kita cari orang yang mempunyai mimpi, idealisme, keinginan yang kuat. Catatannya harus ada kerja nyata. Agar mimpi tidak sekedar mimpi, tapi jadi kenyataan,” tambah pria yang gemar membaca tersebut.

Sementara itu, Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Dr. Rudiarto Sumarwono mengapresiasi langkah Pemkot Malang menggandeng KASN dalam membina para kandidat penerus tampuk pimpinan pelayanan publik.

“Arah transformasi birokrasi dan sumber daya manusia aparatur kita berubah dari comfort zone ke birokrasi bersih, kompeten dan melayani. Maka tidak lagi business as usual, selalu lakukan inovasi better, faster, cheaper,” terang Rudi.

Turut hadir dalam kegiatan pembinaan tersebut, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Tim Penilai ASN Pemkot Malang. (ndu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content