Malang, (malangkota.go.id) – Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur dipercaya PWI Pusat untuk menggelar Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022. Pesta olahraga bagi para awak media ini sedianya digelar pada 2019. Namun karena adanya pandemi Covid-19 sehingga diundur dan baru bisa dilaksanakan tahun ini atau tepatnya pada 21 – 27 November mendatang.

Usai audiensi, para Ketua PWI dan sejumlah anggotanya foto bersama Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko di Balai Kota Malang

Dalam pelaksanaannya, pihak PWI Jatim mempercayakan kepada PWI Malang Raya, sehingga berbagai persiapan pun sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Termasuk di antaranya melakukan audiensi dengan tiga kepala daerah di Malang Raya, agar pelaksanaan Porwanas berjalan lancar. Terkait hal tersebut, Jajaran PWI Pusat, Jatim dan Malang Raya serta dari unsur Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI menggelar audiensi ke Balai Kota Malang, Rabu (6/7/2022).

Rombongan ini diterima di Ruang Tumapel oleh Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko yang didampingi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, SH., M.Si dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Muhammad Nur Widianto, S.Sos. Dari audiensi ini, pada intinya, disampaikan oleh Sofyan Edi, Pemkot Malang sangat mendukung dan bersedia memfasilitasi sejumlah kebutuhan terkait pelaksanaan Porwanas tersebut.

“Maka dari itu, kami mengundang Kepala Disporapar yang mempunyai wewenang dan mengetahui fasilitas olahraga yang layak digunakan. Untuk sepak bola kita mempunyai Stadion Gajayana, untuk tenis lapangan bisa di Jalan Surabaya dan bulu tangkis di Universitas Brawijaya. Dinas Kominfo nantinya akan membantu media center, khususnya untuk jaringan internet agar pengiriman berita lancar,” urai pria yang kerap disapa Bung Edi itu.

Lebih lanjut pria berkacamata itu mengatakan, Porwanas ini ajang yang sangat bagus. Dari gelaran tersebut, menurutnya, tidak menutup kemungkinan akan melahirkan banyak atlet berkualitas. “Di sisi lain, tentu ajang ini akan semakin meningkatkan jalinan silaturahmi sesama wartawan se-Indonesia maupun antara wartawan dengan para pemangku kebijakan,” imbuh Bung Edi.

Pernyataan itu diamini oleh Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari. Disampaikannya bahwa nantinya akan ada sekitar 3.680 wartawan yang akan bertanding di 10 cabang olahraga. Seperti bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, sepak bola, futsal, e-sport dan catur. “Mereka tentu tidak akan sendiri, karena akan didampingi official dan pasti banyak yang membawa keluarga. Sehingga diperkirakan akan ada 5.000-an orang,” bebernya.

Ditambahkan Atal, lokasi pertandingan akan menggunakan fasilitas di Malang Raya dan akan ada pertandingan exebisi, seperti senam, egrang, gobak sodor dan karaoke yang akan diikuti oleh para istri dan putra-putri wartawan. Selain itu juga sepakbola dan atau futsal yang pesertanya dari kepala daerah. “Kami berharap dukungan semua pihak dan pembukaan rencananya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga,” jelasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content