Klojen, (malangkota.go.id) – Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko melakukan salat Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Agung Jami’ Kota Malang, Minggu (10/7/2022). Pada momen ini, Sofyan Edi Jarwoko memberi arahan dan sambutan kepada para jemaah.

Wawali saat memberikan sambutan di Masjid Agung Jami Malang, Minggu (10/7/2022)

Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko mengungkapkan, salat Iduladha memang salat yang sangat luar biasa dimaknai sebagai simbolik agama, yang menunjukan ketakwaan, keikhlasan, dan kemanusiaan. “Atas dasar spirit itu, peringatan Iduladha memiliki dua makna penting sekaligus,” kata Bung Edi.

Pertama, makna ketakwaan atas perintah sang khalik, kedua makna sosial di mana kaum mukmin dianjurkan untuk memiliki kepekaan sosial. Alangkah lebih bagusnya jika pesan yang terkandung dalam peringatan Iduladha ini diterapkan dalam diri, keluarga, serta masyarakat. “Khususnya membangun diri, keluarga serta masyarakat Kota Malang tercinta,’ tegasnya.

Di mana pelaku pembangunan di Kota Malang dituntut untuk mengorbankan perilaku egoisme pribadi maupun kelompok. Memupuk dan membangun kecintaan kepada Allah, mengikuti norma-norma sehingga bisa menjadi insan yang lebih baik.

Sebagai warga Kota Malang, Bung Edi mengajak masyarakat Kota Malang untuk terus membangun guna mencapai kemajuan daerah, serta meningkatkan derajat kehidupan yang lebih baik.

“Tentunya dituntut melakukan berbagai perubahan untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Atas kepentingan yang lebih besar dan lebih luas, baik itu tenaga dan pemikiran untuk mencapai pembangunan yang lebih berhasil,” sambungnya.

Bahkan demi kemajuan juga dituntut bisa mengorbankan apa yang dimiliki, apa yang disukai demi kepentingan umat, bangsa dan negara. Semoga semua diberikan kekuatan, kemampuan dan kemudahan untuk patuh dan taat ajaran Allah SWT seperti halnya yang dicontohkan oleh nabi dan rasul.

“Orang tua kita, sahabat kita, umat Islam Kota Malang, umat Islam di seluruh penjuru dunia yang kini menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah. Mari kita doakan semuanya untuk diberikan kekuatan, pertolongan dan kemudahan dalam menyelesaikan seluruh ibadah haji,” pungkasnya.

Salat Iduladha di Masjid Agung Jami’ Kota Mang 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah dipimpin Khatib KH. Mohammad Yahya pengasuh Pondok Pesantren Mihrabul Muhibbin Pasuruan. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content