Berita Kesehatan Terkini

Meningkatkan Literasi Kesehatan Masyarakat dari Rumah Sakit

Malang, (malangkota.go.id) – Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, salah satu pasal di dalamnya menyebutkan jika pemerintah daerah adalah kepanjangan tangan dari pemerintah pusat yang mempunyai tugas serta tanggung jawab yang luas terhadap masyarakat. Salah satu di antaranya adalah menjamin ketersediaan layanan kesehatan yang memadai dan layak. Sehingga kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan terpenuhi dengan baik.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji didampingi Dirut RSU BRI Medika, Widodo Januarso dan para pihak terkait resmikan RSU BRI Medika, Kamis (28/7/2022).

Hal itu yang disampaikan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat meresmikan RSU BRI Medika di Jalan Mayjen Panjaitan 176 Kota Malang, Kamis (28/7/2022). Menurutnya, kehadiran rumah sakit ini hendaknya turut dapat memenuhi apa yang diamanahkan aturan tersebut. Meski demikian, keberadaan rumah sakit hendaknya tidak hanya bisa menyembuhkan setiap pasien, tapi juga harus berperan memberi edukasi terkait literasi kesehatan.

Dalam konteks ini, pria berkacamata itu memaparkan, bahwasannya upaya promotif dan preventif masyarakat terhadap kesehatan atau pentingnya menjaga kesehatan masih perlu ditingkatkan. “Sehingga jika masyarakat kita memiliki literasi kesehatan yang memadai, setelah mereka dirawat di rumah sakit, tidak akan kembali lagi,” jelasnya.

Di sisi lain, disampaikan orang nomor satu di Pemkot Malang itu, jumlah penduduk tidak sebanding dengan jumlah fasilitas pelayanan kesehatan. “Di sinilah pentingnya literasi tersebut, agar di rumah sakit dan tempat layanan kesehatan lainnya tidak penuh atau over kapasitas,” ungkap Sutiaji.

Sementara itu, Direktur Utama RSU BRI Medika, Widodo Januarso mengatakan jika pihaknya siap menjalankan apa yang diinstruksikan oleh Wali Kota Malang itu. “Dengan motto sehat bersama, kami pun siap memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tegasnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content