Berita

Wali Kota Sutiaji Ajak Lanjutkan Cita-cita Pejuang Kemerdekaan

Malang, (malangkota.go.id) – Salah satu rangkaian dalam rangka menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, jajaran Forkopimda Plus Malang menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati di Jalan Veteran Kota Malang, Selasa (16/08/2022) malam.

Wali kota Malang, Drs H Sutiaji saat tiba di TMP Suropati untuk mengikuti apel kehormatan dan renungan suci

Kolonel Laut Dewi Lestari, S.Pd., M.Tr. Hanla., MM., CHRMP yang juga Koman Lanal Malang bertindak sebagai inspektur dalam gelaran tersebut. Apel kehormatan dan renungan suci ini sebagai wujud untuk memberikan penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk mengusir penjajah.

Adapun para pahlawan yang dimakamkan di TMP Suropati ini meliputi 2.168 orang TNI-Polri, 9 orang pegawai sipil, 172 orang pejuang rakyat, 255 orang pahlawan tak dikenal.
Ketika berperang mengusir penjajah di nusantara ini, para pahlawan tersebut telah mempertaruhkan jiwa raga dan nyawa untuk meraih kemerdekaan serta berkibar tegaknya sang saka merah putih.

Usai apel kehormatan, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengatakan, tanpa pengorbanan mereka, mustahil bangsa Indonesia bisa menikmati kemerdekaan. Maka dari itu pihaknya tak henti-henti mengajak semua elemen masyarakat agar terus mengenang jasa pahlawan ini dan meneruskan apa yang dicita-citakan para pahlawan, seperti halnya menjaga keutuhan NKRI hingga akhir hayat dan mengisi kemerdekaan ini dengan baik.

Untuk saat ini, terang orang nomor satu di Pemkot Malang itu, sebagai anak bangsa berperangnya tidak harus atau tidak lagi dengan mengangkat senjata, tapi dengan mencurahkan tenaga dan pikiran untuk bangsa ini. Sehingga rakyat Indonesia benar-benar merdeka dari berbagai hal, seperti halnya kemiskinan, ketakutan atau tekanan dari pihak manapun.

“Maka dari itu, mari kita maknai dan implementasikan kemerdekaan ini secara luas, sehingga Indonesia menjadi negara yang bermartabat, berdaulat serta kuat dalam berbagai aspek kehidupan. Jangan sia-siakan pengorbanan besar dari para pejuang kemerdekaan ini kapanpun dan di manapun kita berada,” pungkas Sutiaji. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content