Berita Ekonomi Kerakyatan

Bisnis Kedai Kopi Menjamur, Pemkot Gelar Pelatihan Barista

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) terus mengupayakan peningkatan kompetensi tenaga kerja di Kota Malang.

Para Peserta sedang mengikuti Pelatihan Barista yang diselenggarakan oleh Disnaker PMPTSP

Minum kopi atau ngopi kini kian menjadi bagian dari gaya hidup lintas generasi. Tak heran jika bisnis kedai dan kafe kopi semakin berkembang pesat di Kota Malang. Menjamurnya bisnis kopi di Kota Malang, tentu akan membuka peluang kerja di usaha ini.

Plt. Kepala Disnaker PMPTSP Kota Malang, Siti Mahmudah, SE., MM menyampaikan bahwa kompetensi, keterampilan, dan daya saing pencari kerja harus ditingkatkan agar lebih berdaya dalam kompetisi mendapatkan pekerjaan, dalam hal ini adalah barista.

Menurutnya, barista merupakan profesi yang cukup bergengsi, skill dan pengetahuan tentang perkopian yang dimiliki oleh seorang barista sangat dibutuhkan oleh kafe, restoran atau tempat apa saja yang menyajikan kopi.

“Maksud diselenggarakannya pelatihan barista adalah untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan kompetensi. Tujuannya supaya dapat dimanfaatkan sebagai bekal mencari kerja atau memulai usaha. Pada akhirnya akan dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya saat membuka pelatihan, Senin (22/8/2022).

Lebih lanjut, Mahmudah menuturkan bahwa semakin maraknya kedai kopi yang dibangun saat ini, menunjukkan tren minuman kopi semakin digandrungi oleh masyarakat di Indonesia. Maraknya kedai kopi juga menjadikan profesi barista sebagai pekerjaan yang banyak diminati oleh kawula muda.

Pelatihan yang diselenggarakan selama enam hari ini diselenggarakan di Maxone Ascent Hotel dan diikuti oleh 50 pencari kerja di Kota Malang. Peserta tidak hanya menerima materi pelatihan, namun juga akan mengikuti uji kompetensi, untuk mengukur kemampuan peserta pascapelatihan. (ari/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content