Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Pemkot Malang Siap Sukseskan Registrasi Sosial Ekonomi 2022

Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyambut baik rencana pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 yang akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) pada pertengahan Oktober mendatang. Hal tersebut disampaikan saat melakukan audiensi dengan Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, SE., MM di Balai Kota Malang, Senin (5/9/2022).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji melakukan audiensi dengan Kepala BPS Kota Malang di Balai Kota Malang, Senin (5/9/2022).

Sutiaji mengutarakan bahwa Regsosek 2022 sejalah dengan pemikiran akan pentingnya pemutakhiran data yang tervalidasi dalam proses reformasi perlindungan sosial. Ia juga berharap kegiatan tersebut sebisa mungkin juga menghadirkan sisi pemberdayaan masyarakat.

“Peran komponen masyarakat dalam survei bisa jadi bentuk pemberdayaan. Kemudian berikutnya, tentu kita harapkan validasi data akurat,” urai Sutiaji.

Sutiaji menggarisbawahi bahwa Pemkot Malang secara prinsip siap membantu menyukseskan program yang menjadi salah satu tindak lanjut dari Inpres 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem.
Sebaliknya, wali kota yang gemar gowes tersebut juga berharap nantinya data yang dikumpulkan BPS bisa diakses dan membantu Pemkot Malang dalam proses pembangunan daerah.

Sementara itu, Erny dalam paparannya mengungkapkan bahwa Regsosek 2022 akan melibatkan berbagai pihak dalam implementasinya.

“Pendataan dilakukan secara Sensus (door to door) oleh mitra BPS, pekerja sosial di kelurahan, karang taruna, pokja data di desa dan lain-lain mitra kami,” ungkap Erny.

Regsosek 2022 akan digelar dengan tujuan menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan.Basis data tersebut kedepannya akan menjadi rujukan target dan integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi. (ndu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content