Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Jarik Ma’siti Wakili Kota Malang di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Provinsi

Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji secara langsung mewakili tim Kota Malang, dalam proses penjurian yang dilakukan secara daring bersama tim juri Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik), Rabu (6/10/2022).

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji Melaksanakan Presentasi dan Wawancara Secara Daring dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik), Rabu (6/10/2022).

Inovasi sekolah inklusi yang dikembangkan Pemerintah Kota Malang melalui SMPN 10, maju mewakili Kota Malang dalam pada ajang kompetisi inovasi layanan publik tingkat provinsi tersebut.

Jarik Ma’siti yang merupakan singkatan dari Belajar Menarik Bersama Siswa Istimewa tersebut merupakan sebuah inovasi metode pembelajaran adaptif dan kolaboratif bagi siswa istimewa pada sekolah reguler/noninklusi yang merupakan wujud nyata dari upaya Kota Malang dalam menjamin hak setiap warganya dalam memperoleh pendidikan.

Tujuan dari inovasi ini adalah sekolah mampu mengoptimalkan kemampuan siswa istimewanya sehingga mampu menampilkan eksistensinya sebagai individu yang cakap dan mandiri. Sejak dimulainya pengimplementasian Jarik Ma’siti pada tahun 2020, inovasi ini telah menjangkau ratusan siswa yang teridentifikasi sebagai siswa istimewa. Di antara yang menjadi sasaran inovasi ini adalah siswa tunagrahita dan borderline, serta dapat diterapkan pada siswa dengan ADHD, ADD, CIBI.

Melalui inovasi ini, seluruh siswa istimewa yang terdaftar di SMPN 10 sejak inovasi tersebut dicanangkan, berhasil lulus jenjang sekolah menengah pertama dengan hampir keseluruhannya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain berdampak pada peningkatan akademis, inovasi ini juga berhasil meningkatkan kemampuan perilaku siswa secara signifikan.

Sutiaji mengungkapkan, Pemkot Malang mendukung penuh pengembangan inovasi ini, dan berharap inovasi ini bisa dikembangkan juga oleh sekolah lain yang ada di Kota Malang.

“Hasil dari evaluasi para juri hari ini, akan menjadi catatan bagi kami. Kami juga berharap nantinya inovasi ini akan dikembangkan di sekolah-sekolah lain dan tidak hanya di tingkat SMP, tapi juga di tingkat sekolah dasar,” ujar Sutiaji saat menutup paparan. (ayu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content