Berita Kesehatan Lansia

Peduli Kesehatan Lansia, Dinkes Inisiasi Pemeriksaan

Malang, (malangkota.go.id) – Dalam rangkaian peringatan ke-58 Hari Kesehatan Nasional, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang melakukan bakti sosial dan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada warga lanjut usia (lansia) di beberapa panti wreda di Kota Malang, Senin (14/11/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr. Husnul Muarif pada kegiatan bakti sosial dan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada warga lanjut usia (lansia) di beberapa panti wreda di Kota Malang, Senin (14/11/2022).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr. Husnul Muarif mengungkapkan bahwa peringatan Hari Kesehatan Nasional ini mengambil tema Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku.

“Kunjungan ke panti jompo ini untuk meningkatkan kepedulian dan perhatian kepada lansia yang ada di panti akan kesehatannya melalui pemeriksaan kesehatan secara umum dan memberikan tali asih,” ungkap dr. Husnul.

Dinkes bekerja sama dengan puskesmas wilayah melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan lansia di panti wreda KNDJH, Titus Brandsma, pondok lansia Al Ishlah, dan Bakti Luhur. Adapun pemeriksaan yang dilakukan seperti pengecekan tensi, gula darah, kolesterol, asam urat, serta pemberian vitamin untuk lansia.

“Selain memberikan pelayanan kesehatan, kegiatan ini juga bertujuan memberikan motivasi untuk hidup yang lebih baik dan sehat karena mereka termasuk golongan yang rentan atau risiko,” tambahnya dr. Husnul.

Melalui pelayanan pemeriksaan kepada lansia ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan lansia agar mereka tetap sehat, mandiri dan berdaya guna. Karena kesehatan merupakan sesuatu yang paling berharga.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 113 lansia mendapat layanan pemeriksaan kesehatan. Selain pemeriksaan kesehatan, turut diserahkan bantuan berupa kebutuhan personal lansia seperti selimut, mug stainless steel, peralatan makan dan lain-lain.

“Dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional ini, selain pelayanan kesehatan untuk lansia, kunjungan ke panti asuhan dan seminar/webinar, Dinkes Kota Malang juga melakukan kegiatan sosial seperti donor darah. Semoga ini memberikan manfaat bagi kita semua,” tutupnya. (eka/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content