Artikel Kuliner

Tahu Campur Jagalan, Legenda Tahu Campur di Malang Sejak Tahun 70-an

Malang, (malangkota.go.id) – Tahu campur merupakan kuliner khas Jawa Timur, menjadi salah satu pilihan favorit yang wajib dicoba ketika mengunjungi Kota Malang. Hangat dan nikmat tahu campur sangat cocok dinikmati, terutama di saat dinginnya udara Kota Malang di malam hari.

Tahu Campur Pak Iwan yang terletak di kawasan Jagalan

Salah satu yang menjadi favorit warga Malang adalah Tahu Campur Pak Iwan yang terletak di kawasan Jagalan, tepatnya di JL. Kapt. P. Tendean 1D No. 108, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Meski warungnya sederhana, tapi tidak sulit menemukan warung yang terletak tepat di ujung pertigaan Jagalan ini.

Menurut Pak Iwan, ia merintis usahanya ini dari berjualan keliling sejak tahun 1974. Sempat berkeliling, ia akhirnya menetap di lokasi sekarang sejak tahun 2000-an.

“Dulu ya merintis, keliling itu lama saya. Terus di sini kontrak, lumayan lama, kira-kira tahun 2000-an,” terangnya.

Tahu campur Pak Iwan sekilas tidak jauh berbeda dengan tahu campur pada umumnya. Dalam satu porsinya, terdiri dari lontong, daun selada, irisan tahu goreng, jemblem singkong, soun, dan tentunya potongan daging dan kikil yang menggugah selera. Bedanya, di warung ini potongan daging dan kikil disajikan dalam potongan yang besar dan empuk, sehingga tidak sulit ketika menikmatinya.

Selain besar-besar, potongan daging tersebut juga menambah cita rasa kuah tahu campur Pak Iwan yang begitu terasa kaldu dan rempahnya. Campuran petis di dalamnya juga tidak terasa amis, sehingga kuah terasa cukup segar dan menghangatkan. Tidak heran, sebab Pak Iwan sendiri masih terjun langsung ke pasar untuk memilih bumbu-bumbu yang diracik. Menurutnya, hal tersebut wajib ia lakukan demi menjaga kenikmatan cita rasa tahu campurnya.

“Kami tetap memperhatikan kebersihan, kualitas masakan, mulai dari bumbu, masakan masih terjamin. Berkualitas. Bumbu masih saya racik sendiri,” terang Pak Iwan lagi.

Satu porsi tahu campur bisa Anda dapatkan dengan harga mulai Rp12.000,00. Untuk menikmatinya, Anda bisa mampir ke warung tahu campur yang buka mulai pukul 15.30-22.00 WIB. (ayu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content