Klojen (malangkota.go.id) – Di tengah rinai hujan yang mengguyur Kota Malang pagi itu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji beserta jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tetap bersemangat bersepeda (gowes) pagi dalam rangka sambang warga di wilayah Kelurahan Kauman dan Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Jumat (20/1/2023).

Wali Kota Malang Sutiaji (kanan) saat mengunjungi warga dalam rangka sambang warga di wilayah  Kecamatan Klojen

Tidak hanya menampung aspirasi masyarakat, program sambang warga yang sudah berjalan tiga kali ini Wali Kota Malang juga menyalurkan bantuan langsung kepada warga rentan yang membutuhkan. Ada delapan titik lokasi di wilayah Kecamatan Klojen yang dikunjungi.

Titik lokasi warga rentan yang dikunjungi dan mendapatkan bantuan yakni lansia, penyandang disabilitas, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), anak yang mengalami stunting dan warga yang mempunyai rumah tidak layak huni.

“Sambung sambang menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan secara disiplin. Menampung aspirasi dan merumuskan solusi serta berempati sepenuh hati,” terang pria berkacamata itu.

Menurutnya selain membangun sarana dan prasarana, pemerintah harus terus menerus hadir dalam setiap kegiatan. Termasuk juga memperhatihan kondisi masyarakat, karena pemimpin dan pemerintah mempunyai tugas untuk melayani rakyat dengan berbuat dan bermanfaat bagi warga masyarakat.

Salah satu warga yang dikunjungi oleh Wali Kota Sutiaji adalah Sugito (63 tahun). Warga Jl. Bareng Kartini tersebut tinggal di sebuah rumah yang kurang layak huni dengan ekonomi yang pas-pasan. Pada kesempatan ini Wali Kota Malang menyerahkan sejumlah bantuan berupa paket sembako dan uang tunai.

“Saya tinggal di sini sendiri, merawat istri saya yang sakit sampai ndak ada (meninggal). Tapi alhamdulillah biar pun gaji saya kurang cukup, tapi selalu dapat bantuan dari BLT sehingga bisa untuk kebutuhan merawat istri saya yang sakit. Untuk makan alhamdulillah juga mendapat bantuan dari Dinas Sosial. Matur nuwun (terima kasih),” ucap Sugito sambil menahan tangis.

Sugito mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada kelurahan setempat yang juga memberikan perhatian serta bantuan dari berbagai pihak yang sangat bermanfaat untuknya. Selepas kepergian istrinya, Sugito berusaha untuk bangkit dan semangat menjalani kehidupannya. Kehadiran Pemkot Malang dirasakannya dapat membantu kondisinya.

Di titik terakhir rute sambang warga, Wali Kota Malang beserta jajaran Pemkot Malang berdialog bersama warga di Balai RW 9 Kelurahan Kauman yang masuk dalam Kawasan Wisata Kayutangan Heritage.

Kegiatan sambang warga ini merupakan kali ketiga yang dilaksanakan oleh Pemkot Malang setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Kedungkandang dan Kecamatan Lowokwaru. Program sambang warga ini menjadi agenda rutin dan akan terus dilaksanakan berkeliling kelurahan-kelurahan di lima kecamatan di Kota Malang.

Di setiap sambang warga, Pemkot Malang juga menghadirkan berbagai pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan warga masyarakat. Pelayanan publik jemput bola tersebut mulai dari pelayanan kesehatan termasuk vaksinasi Covid-19, perizinan, pencatatan sipil, pajak serta pelayanan publik lainnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content