Blimbing (malangkota.go.id) – Pada akhir tahun 2022 lalu Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang meluncurkan dua unit bus wisata gratis yaitu Malang City Tour (Macito). Akan tetapi hingga awal Januari, dari dua bus wisata tersebut masih satu armada yang beroperasi karena masih terkendala pengurusan administrasi yang belum selesai.

Bus Macito yang kian diminati para pelajar untuk berwisata keliling kota

Meski demikian, antusiasme warga sangat tinggi untuk bisa menikmati wisata kota bersama bus Macito. Sejak dioperasikan mulai 9 Januari 2023, sampai saat ini setidaknya tercatat 1.716 orang yang telah menggunakan layanan bus wisata gratis Macito.

Beberapa hal itulah yang disampaikan Analis Angkutan Darat Dishub Kota Malang, Ketut Wahyu, Kamis (26/1/2023). Ditambahkannya, setiap hari Macito melayani enam kali perjalanan dengan membawa 20 sampai 22 penumpang yang mayoritas dari kalangan pelajar.

Bagi warga masyarakat Kota Malang maupun wisatawan yang ingin menjelajahi Kota Malang dengan bus Macito secara gratis, terlebih dahulu mendaftar melalui aplikasi Macito yang tersedia di Google Play Store. Selain itu Ketut Wahyu juga menyarankan agar masyarakat dapat melakukan registrasi jauh hari sebelumnya, mengingat antusiasme masyarakat yang ingin menggunakan layanan bus Macito sangatlah tinggi.

Mengingat tingginya animo warga ini, Ketut mengatakan bahwa nantinya Pemkot Malang akan menambah dua unit bus Macito lagi dengan menggandeng pihak ketiga. “Saat ada empat bus yang akan dioperasikan secara reguler tiga bus saja, karena yang satu untuk jaga-jaga jikalau ada kegiatan atau tamu Pemkot Malang,” ungkapnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content