Pendidikan

Serunya Lomba Melukis di Caping TK Al-Amin 02 Kota Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Ceria, seru, dan meriah. Suasana itulah yang terpotret dalam Lomba Melukis ‘Mamamia’ di Caping yang digelar saat open house TK Al-Amin 02 di Jalan Plaosan Timur no. 118A Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing Kota Malang, Sabtu (28/1/2023). Selain lomba melukis di atas media caping, pada momen ini juga diadakan bazar UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dari warga sekitar dan juga wali murid.

Kepala TK Al-Amin 02, Rina Handayani, S.Pd mengungkapkan Lomba Melukis ‘Mamamia’ ini artinya adalah lomba yang dilakukan oleh ibu dan anak. “Bahkan tadi juga ada kok anak yang melukis bareng-bareng dengan mama dan papanya,” kata Rina menceritakan keseruan lomba melukis anak itu.

Lomba melukis atau mewarnai anak bersama ibu seperti ini, dituturkan Rina sudah pernah diselenggarakan pada tahun sebelumnya. Akan tetapi yang membedakan adalah kali ini media lukisnya menggunakan caping yang merupakan alat penutup kepala berbentuk kerucut terbuat dari anyaman bambu.

“Kenapa tahun ini (media lukisnya) memakai caping? Karena kami ingin ada sesuatu yang berbeda dan unik. Selain itu kita mengenalkan caping kepada anak serta memberikan pengetahuan baru bahwa media melukis itu tidak hanya di atas kertas atau kanvas,” jelas perempuan berhijab tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi atas hasil karya anak-anak TK Al-Amin 02, pihak sekolah nantinya akan memajang caping lukis itu di halaman sekolah sebagai hiasan. “Karena itulah lomba melukis ini bermanfaat bagi peserta dan juga sekolah,” imbuhnya.

Untuk jumlah peserta pada lomba melukis ini dibatasi hanya 30 peserta, mengingat lokasi lomba yang tidak terlalu luas. Selain itu juga untuk stan bazar juga dibatasi sebanyak sepuluh peserta yang diikuti oleh warga sekitar dan juga wali murid yang memiliki usaha. “Ini juga salah satu cara pemberdayaan pelaku UMKM yang berada di sekitar lingkungan sekolah,” jelas Rina lagi.

Lebih lanjut disampaikannya, tujuan lomba melukis ini secara umum adalah untuk menjalin kerja sama dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang berada di sekitar sekolah, menjaga hubungan dengan warga sekitar, serta mengenalkan TK Al-Amin 02 pada PAUD yang ada di sekitar sekolah.

“Semoga kami bisa melaksanakan open house setiap tahun dengan lomba yang berbeda, bermakna bagi anak-anak dan TK-Al Amin 02 lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas dan menjadi sekolah pilihan prioritas untuk orang tua,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Wali Murid Sri Astikah yang hadir sekaligus membuka kegiatan menyampaikan apreasiasi dan mendukung lomba melukis di caping ini. “Terima kasih ibu-ibu yang telah mengantar putra-putrinya dengan suasana yang riang dan gembira untuk mengais ilmu di TK ini. Alhamdulillah TK ini mewadahi kegiatan putra-putri njenengan, diantaranya lomba mewarnai di caping ini,” ucap Astikah.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ketua Yayasan dan Kepala TK Al-Amin 02, karena menurutnya melalui kegiatan ini nantinya dapat menginspirasi anak-anak supaya bersekolah ke TK Al-Amin 02. “Dari program yang telah disampaikan oleh kepala sekolah tadi, banyak yang menarik, mengajak supaya putra njenengan berkreasi dan berinovasi, kemudian menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa,” tutur Astikah.

Melalui wadah lomba mewarnai ‘Mamamia’ ini, dikatakannya paling tidak menjembatani anak didik dan pihak sekolah sehingga nantinya akan terlihat minat, bakat dan potensi dari putra-putri anak didik. “Oleh karenanya mudah-mudahanan kita semuanya memiliki putra putri yang kreatif, inovatif sesuai dengan daya nalarnya, sehingga bisa mengekspresikan lukisan di media caping yang telah disediakan,” tutupnya.

Usai dilakukan penilaian oleh tim juri, keluar sebagai juara pertama adalah oleh Lingga, juara kedua Calya, juara ketiga Aisha, juara harapan pertama Andra, juara harapan kedua Mariyam, dan juara harapan ketiga diraih oleh Asta. (yf)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content