Berita Ekonomi Kerakyatan

Dekopin Harapkan Generasi Milenial Akrab dengan Koperasi

Blimbing (malangkota.go.id) – Sejumlah perwakilan koperasi di Kota Malang mengikuti Rapat Kerja Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Daerah Kota Malang Tahun Kerja 2022 di Kantor Dekopinda Kota Malang, Sabtu (11/2/2023).

Rapat Kerja Dekopinda Kota Malang tahun kerja 2022

Ketua Dekopinda Kota Malang, Kol. (Purn) H. Toegino Sokarno, SE menyebutkan bahwa kegiatan ini sesuai amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD – ART) Dekopin yang bertujuan untuk menyampaikan laporan capaian kinerja dan keuangan selama tahun 2022 serta menentukan program kerja untuk tahun 2023 kepada para stakeholder.

Secara umum, dijelaskannya ada tiga kegiatan yang dilakukan oleh Dekopin. Yakni Dekopin menjalankan fungsi edukasi, advokasi dan fasilitasi. Dekopin memberikan pendidikan perkoperasian bagi pengurus dan anggota guna menyiapkan kader koperasi yang kompeten. Termasuk juga, memberikan pendampingan bagi koperasi yang tengah mengalami permasalahan.

Toegino mengungkapkan, dari sekitar 364 koperasi aktif di Kota Malang yang ada saat ini, ada 161 koperasi yang berada dalam naungan Dekopinda Kota Malang.

“Tetapi menurut anggaran dasar, semua koperasi yang sudah berbadan hukum merupakan anggota Dekopin. Ini tantangan bagi kami agar jumlahnya bertambah. Kami sudah bekerja sama dengan Diskopindag (Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan) untuk meningkatkan partisipasi koperasi dalam Dekopin,” terangnya lagi.

Salah satu capaian yang membanggakan bagi Dekopinda Kota Malang adalah diraihnya predikat sebagai Dekopinda Terbaik se-Jawa Timur di tahun 2022 lalu. Capaian ini digapai karena Dekopinda Kota Malang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan peran dan fungsi Dekopin dalam edukasi, advokasi, dan fasilitasi. Maka tak heran, diungkapkannya bahwa banyak Dekopin dari luar daerah yang melakukan studi tiru di Kota Malang.

Lebih lanjut Purnawirawan TNI tersebut menyampaikan bahwa Dekopinda Kota Malang dan Diskopindag Kota Malang selama ini telah menjalin kerja sama dan kolaborasi yang apik dalam memajukan perkoperasiam.

“Dekopinda merupakan mitra pemerintah untuk memajukan koperasi Indonesia. Kami bersinergi dengan Pemkot Malang melalui Diskopindag. Dengan selalu berkoordinasi untuk melakukan pembinaan dan pengawasan dalam membangun koperasi di Kota Malang,” urainya.

Toegino menyampaikan harapan Dekopin agar koperasi di Kota Malang juga dapat mengarahkan diri bagi generasi milenial. Hal ini dilakukan agar anak muda juga akrab dengan koperasi.

“Kami berusaha meningkatkan komunikasi kepada generasi muda, salah satunya melalui kegiatan Jambore Koperasi yang diikuti mulai siswa SMP dan SMA/sederajat. Ini salah upaya menggalakkan koperasi bagi pemuda,” tutupnya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content