Berita Kesehatan

Dinkes Buka Layanan Kesehatan di Rumah Dinas Wali Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang membuka berbagai layanan kesehatan gratis di area Car Free Day berbarengan dengan dibukanya halaman Rumah Dinas Wali Kota Malang untuk umum, Minggu 12/2/2023.

Pengunjung antusias melakukan cek kesehatan di pos layanan kesehatan yang disediakan Dinkes Kota Malang di area Car Free Day

Kepala Dinkes Kota Malang, dr. H. Husnul Muarif, MM mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, atau lebih dikenal dengan jemput bola.

Secara keseluruhan, Husnul menyebutkan terdapat enam layanan yang diberikan Dinkes dalam kegiatan yang didukung oleh para ahli di bidang kesehatan seperti IDAI,PDPI, PERSAGI, Sanitarian Kota Malang, dan Forum Masyarakat Kota Sehat.

Enam layanan tersebut adalah pelayanan gratis pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), layanan vaksinasi Covid-19, pemeriksaan balita gizi buruk, testing untuk gizi buruk pada balita, edukasi kesehatan masyarakat serta edukasi dan testing makanan yang dijajakan di area Car Free Day.

“Enam layanan tersebut dipilih karena masuk dalam program prioritas nasional dan masuk dalam standar pelayanan minimal yang harus dicapai, yang merupakan indikator kinerja pelayanan pemerintah daerah,” terangnya.

Lebih jauh Husnul menjelaskan bahwa pihaknya mengusahakan layanan kesehatan yang diberikan akan secara rutin diselenggarakan setiap minggunya bersamaan dengan kegiatan Car Free Day. “Kita programkan untuk berlanjut. Kita menyesuaikan layanan kita dengan program area ini dibuka untuk umum,” terangnya.

Salah satu warga Blimbing, Anang, mengungkapkan bersyukur dengan adanya layanan vaksinasi Covid-19 yang dirasa sangat memudahkan masyarakat. “Harapannya ke depan mungkin pelayanan yang diberikan bisa lebih tertata, sehingga nantinya masyarakat gampang prosesnya, dari awal harus ke mana harus ke mana,” ungkapnya.

Sementara itu, Sinta, warga Kasin yang mengantar anaknya mengaku senang dengan adanya layanan ini. Informasi mengenai layanan ini didapatkannya melalui petugas Puskemas di wilayahnya. Sinta menilai layanan kesehatan yang diberikan ini juga cukup maksimal.

“Perhatian untuk anak yang terhitung kurang gizi sudah luar biasa membantu. Tadi dijemput pakai ambulans, terus di sini diperiksa mulai dari tinggi badan, berat badan, terus tadi dikasih arahan untuk makanan dan sebagainya,” ujarnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, total sebanyak 258 warga menerima vaksinasi Covid-19. Sementara itu sebanyak 46 balita dari 16 Puskesmas seluruh Kota Malang juga menerima layanan kesehatan pada kesempatan ini. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content