A. Highlight Berita Ekonomi Kreatif

Dekranasda Promosikan Batik Malangan Lewat Lomba Fesyen

Klojen (malangkota.go.id) – Batik Malangan menjadi salah satu ciri khas Kota Malang yang terus dikenalkan kepada masyarakat luas. Salah satunya upayanya melalui Lomba Fashion Batik Malangan yang diinisiasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang di Gedung Kartini, Kamis (9/3/2023).

Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji menyerahkan hadiah kepada pemenang Fashion Batik Malangan

Ketua Dekranasda Kota Malang, Widayati Sutiaji, S.Sos, MM menyampaikan bahwa selain semakin mengenalkan Batik Malangan, kegiatan ini juga sebagai wujud dukungan terhadap program bangga menggunakan produk dalam negeri.

“Hari ini kita melaksanakan Malang City Expo yang rutin kita gelar. Harapan saya dengan adanya Malang City Expo produk-produk Malang tidak hanya terkenal di Kota Malang, Jawa Timur dan Indonesia, tapi juga bisa mendunia,” harap Widayati.

Lebih lanjut perempuan berhijab itu mengungkapkan Lomba Batik Malangan ini menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian event Malang City Expo 2023. “Hari ini kita buat kegiatan, hari pertama adalah Lomba Batik Malangan. Seperti yang kita tahu, UMKM adalah pendongkrak perekonomian, serta menjadi program dari Bapak Presiden RI bahwa kita harus bangga menggunakan produk dalam negeri,” jelasnya.

Tema dalam kegiatan lomba fesyen ini adalah Batik Malangan. Dengan harapan adalah bagaimana pembatik di Kota Malang terapresiasi serta desainernya juga terapresiasi. Untuk itulah, ASN di lingkungan Pemkot Malang digandeng untuk menyemarakkan dan mem-booming-kan batik yang menjadi kearifan lokal Kota Malang yakni Batik Malangan.

“Untuk itu kita tunjukkan, produk Malangan tidak hanya jaya di Malang saja namun juga sudah nasional bahkan dunia. Alhamdulillah dalam Malang City Expo 2023 banyak juga dari luar Kota Malang yang turut berpartisipasi, seperti Perbankan, perusahaan daerah, dan lain-lain,” pungkasnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content