A. Highlight Berita Ekonomi Kerakyatan

Wamendag Cek Komoditas, Kadiskopindag: Kami Siap Jalankan Instruksi

Klojen (malangkota.go.id) – Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadan sejumlah harga bahan pangan pokok seperti beras, gula dan daging mengalami fluktuasi harga. Akan tetapi sejauh ini fluktuasinya masih dalam tahap wajar dan tidak meresahkan masyarakat. Begitu juga dengan distribusi dan ketersediaan sejumlah komoditas, hingga saat ini masih terjaga dengan baik.

Wakil Menteri perdagangan, Dr Jerry Sambuaga didamdingi kepala Diskopindag kota Malang, Eko Sri Yuliadi cek harga kebutuhan di pasar Oro-oro Dowo

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Dr. Jerry Sambuaga usai memastikan stabilitas harga kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo Kota Malang, Kamis (9/3/2023. Diakui Wamendag Jerry, memang ada beberapa harga kebutuhan yang sedikit naik, seperti cabai, bawang merah dan bawang putih. Namun ada juga yang turun, seperti beras medium, daging dan ayam.

Hasil pantauan seperti itu, disampaikan Wamendag Jerry juga berlaku di berbagai pasar rakyat di daerah lain ketika pihaknya melakukan pengecekan. Seperti di Bandung, Jawa Tengah, Manado dan Surabaya. Dalam situasi ini maka yang menjadi pekerjaan rumah bersama, khususnya pemerintah daerah adalah menjaga arus distribusi, ketersediaan komoditas, dan jangan sampai ada penimbunan.

“Memang beda lapak, beda toko, beda harga. Memang ada yang naik, ada yang turun dan itu fluktuatif. Tapi untuk saat ini masih dalam tahap yang wajar dan mudah-mudahan ini bisa kita tekan terus supaya tidak meningkat lagi. Untuk menjamin dan memastikan supaya ketersediaan itu aman tentu kami koordinasinya dengan daerah, ” imbuh Wamendag Jerry.

Kami dari pusat, lanjutnya, tentunya berharap sinergi yang baik dengan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota tentunya memastikan juga rantai pasoknya dari distributor itu berjalan dengan baik termasuk biaya logistik. Karena kesemuanya itu berpengaruh kepada harga.

Agar ke depan tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan, Wamendag Jerry meminta agar pemerintah daerah terus turun dan memantau harga di pasar dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. “Jika memang perlu diadakan operasi pasar maka segera lakukan, agar masyarakat tidak resah,” tegasnya.

Hal tersebut direspons Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi yang saat itu mendampingi kunjungan kerja Wamendag Jerry. Menurutnya, sejauh ini harga sejumlah kebutuhan di pasar masih stabil. “Sesuai instruksi Pak Wamendag, tentu kami akan turut memantau distribusi dan ketersediaan komoditas,” ungkapnya.

Begitu juga terkait kemungkinan adanya indikasi penimbunan, Eko mengimbau agar hal itu tidak terjadi. “Jika ada pihak-pihak yang terbukti melakukan penimbunan komoditas dan menghambat distribusi, maka akan ditindak dan akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content