Berita Ekonomi Kreatif

Wamendag Jadi Pembicara Talkshow MCC Sebagai Kekuatan Baru Ekosistem Ekraf

Blimbing (malangkota.go.id) – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Dr. Jerry Sambuaga bersama Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dan Wakil Ketua Komite Ekonomi Kreatif Vicky Arief menjadi pembicara dalam Talkshow bertajuk ‘MCC sebagai Kekuatan Baru Ekosistem Ekonomi Kreatif’ di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Kamis (9/3/2023).

Wamendag Dr. Jerry Sambuaga saat menjadi pembicara dalam Talkshow bertajuk ‘MCC sebagai Kekuatan Baru Ekosistem Ekonomi Kreatif’ di MCC

Talkshow ini merupakan hasil kolaborasi dari Malang Creative Center, Kementerian Perdagangan RI, Pemerintah Kota Malang serta Komite Ekonomi Kreatif.

Wamendag Jerry Sambuaga mengungkapkan, setelah berkeliling ke beberapa tempat di Kota Malang, menurutnya perkembangannya sangat luar biasa dan pesat di bawah kepemimpinan Wali Kota Malang Sutiaji.

“Setelah melihat ke Malang City Expo, Pasar Oro-Oro Dowo dan di MCC, saya melihat langsung semuanya terintegrasi. Ini menjadi kekuatan luar biasa bagi Kota Malang untuk terus maju,” jelas Wamendag Jerry, Kamis (9/3/2023).

Saat ini Kementerian Perdagangan Indonesia sedang mencari dan mengeksplorasi produk-produk kreatif dari dunia digital untuk bisa diekspor. Disampaikannya bahwa di Kota Malang saat ini sudah memiliki berbagai produk kreatif yang sudah diekspor yang menjadi kekuatan baru dari Kota Malang untuk meramaikan industri kreatif di Indonesia dan mancanegara.

“Contohnya dari game online, Kemendag saat ini terus menguatkan ekspor. Pasarnya masih sangat terbuka dan bisa diisi dari produk-produk anak Indonesia termasuk dari Kota Malang,” imbuhnya.

Wamendag Jerry juga menekankan bahwa pada tahun 2023, Kementerian Perdagangan akan lebih fokus pada produk kreatif, terutama kriya, komik, game, dan animasi. Dicontohkannya potensi industri game online sebagai penggerak ekonomi. Industri game di Kota Malang memiliki potensi mencapai jutaan dolar Amerika Serikat.

Untuk itulah ditegaskannya bahwa Kementerian Perdagangan RI akan terus mendorong ekspor produk-produk kreatif. Termasuk dari Kota Malang yang saat ini sudah memiliki MCC yang diharapkan industri kreatif di Kota Malang ke depan akan semakin berkembang pesat.

Sementara itu Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan bangga karena Kota Malang saat ini telah memiliki MCC yang menjadi wadah ekosistem baru ekonomi kreatif di Indonesia. Ini menjadi wujud nyata kehadiran pemerintah untuk memberikan wadah bagi insan kreatif untuk menyalurkan potensinya.

“Kami pemerintah tugasnya mengumpulkan, membangun, menginventarisir premis minor dan mayor dalam memutuskan sebuah kebijakan. Salah satu di antaranya adalah pembangunan MCC,” ungkap Sutiaji.

Lebih lanjut disampaikannya, pemerintah harus dapat memilah dan memilih mana sekiranya yang mendesak dan mana yang tidak mendesak. “Nantinya yang merasakan, nantinya yang bicara tentunya masyarakat. MCC ini konsep awalnya dari kumpul-kumpul biasa pada enam tahun lalu. Mudah mudahan (MCC) ini dimanfaatkan sebaik mungkin, dan ke depan dari MCC akan tumbuh generasi hebat, bukan tangan menengadah,” tutupnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content