Berita

Duta Genre 2023 Dukung Pencegahan Stunting di Kota Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang menggelar Grand Final Duta Generasi Berencana (Genre) 2023 di Malang Creative Center Kota Malang, Kamis (16/3/2023).

Grand Final Duta Generasi Berencana (Genre) 2023 di Malang Creative Center

Mengangkat tema ‘Youth Act for stunting Eradicate’, pemilihan Duta Genre tahun ini memang diprioritaskan untuk mengajak para remaja untuk nenghindari pernikahan usia muda sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

Kepala Dinsos P3AP2KB Kota Malang Dra. Penny Indriani, MM menuturkan bahwa Program Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

“Program Genre menjadi wadah membentuk karakter bangsa dengan mengajak generasi muda menjauhi pernikahan dini, seks pranikah, dan NAPZA untuk menjadikan remaja tangguh dan mampu berkontribusi dalam pembangunan,” ujar Penny.

Ditambahkannya, Duta Genre diharapkan mampu memberikan konseling bagi teman sebaya maupun masyarakat sekitar terkait Program Bangga Kencana, yakni penundaan pernikahan dini, penyalahgunaan NAPZA, dan seks pranikah. “Mereka harus menjadi role model dan mampu memberi informasi juga edukasi agar memiliki perencanaan kehidupan yang matang, termasuk untuk menekan angka stunting,” ujarnya.

Sementara itu Ketua I TP PKK Kota Malang, Ely Estiningtyas Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan bahwa Program Genre menjadi respons atas permasalahan remaja saat ini. Dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja diharapkan dapat lebih efektif dalam mengomunikasikan berbagai program demi mewujudkan insan dan keluarga yang lebih sejahtera.

“Dalam pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) diperlukan figur motivator juga dari kalangan remaja, kalau sekarang kita sebutnya sebagai influencer. Merekalah yang akan menjadi Duta Genre. Sosok Duta Genre juga akan memberi nilai lebih dalam hal sosialisasi dan promosi Program Genre,” tutur Ely.

Dengan adanya Duta Genre di tingkat Kota Malang, Ely juga mendorong pembentukan Duta Genre di tingkat kecamatan dan kelurahan. Dengan demikian, menurutnya Program Genre yang disampaikan akan lebih mengena pada sasaran remaja, terutama dalam kaitannya pencegahan pernikahan muda dan percepatan penurunan angka stunting.

Dari sepuluh finalis, terpilih Muhammad Afif Alvino (SMKN 5 Malang) dan Kirana Kasih Adda (Universitas Islam Negeri Malang) sebagai Juara I Duta Genre 2023. “Semoga Duta Genre 2023 dapat menjadi agen perubahan dalam menyosialisasikan Program Genre kepada masyarakat. Jadilah generasi yang mampu membawa perubahan dan menjadi generasi berencana yang memiliki pemahaman, kemampuan, dan keterampilan,” pungkas perempuan berhijab tersebut. (ari/yon

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content