Klojen (malangkota.go.id) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang menerima kunjungan studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKA) Angkatan I Tahun 2023 LAN Samarinda di Aula Mini Block Office Lt.4 Balai Kota Malang, Kamis (16/3/2023).

Studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKA) Angkatan I Tahun 2023 LAN Samarinda

Dr. Rahmat selaku ketua rombongan yang berjumlah 20 orang tersebut mengatakan jika pihaknya ingin belajar banyak dari sejumlah keberhasilan atau prestasi yang diraih Kota Malang selama ini. Seperti dalam mendongkrak ekonomi, khususnya melalui pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Selain itu juga bagaimana Kota Malang bisa memiliki gedung Malang Creative Center (MCC) yang manfaatnya sangat besar. Rahmat menyontohkan seperti halnya dalam mewadahi kaum muda kreatif dan mempertemukan pelaku UMKM dengan calon konsumennya.

Yang tak kalah penting juga terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sehingga proses dan program pembangunan berjalan dengan baik. “Kami ingin mengadopsi, mengadaptasi dan memodifikasi dari berbagai inovasi yang selama ini dilakukan Kota Malang. Selanjutnya kami akan menerapkan itu semua di daerah kami masing-masing. Dengan demikian ke depan kami bisa lebih maju dan berkembang,” urai Rahmat.

Terkait hal ini, Kepala BKPSDM Kota Malang, Totok Kasiyanto mengatakan bahwa program studi lapangan atau studi banding seperti ini sering dilakukan Pemkot Malang. Dalam artian menerima kunjungan kerja dari kota/ kabupaten lain.

“Ini tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami. Dan kami pun dapat mengetahui karakteristik daerah lain yang mungkin tidak dimiliki Kota Malang. Dari sinilah di antara kedua belah pihak ada simbiosis mutualisme,” tukasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content