Pelayanan Publik

Volume Kendaraan Meningkat, Dishub Antisipasi Kemacetan

Klojen (malangkota.go.id) – Mendekati Lebaran 1444 Hijriah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang melakukan berbagai langkah antisipasi untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas, termasuk mengimbau warga masyarakat pengguna jalanagar lebih disiplin dan tertib dalam berkendara.

Suasana arus lalu lintas di kawasan Buk Gluduk

Kepala Dishub Kota Malang Drs. Widjaja Saleh Putra mengungkapkan sudah sejak Sabtu (15/4/223) kepadatan arus lalu lintas di Kota Malang meningkat. Ini bisa dilihat dari ruas jalan provinsi, mulai dari Jl Gatot Subroto, di Jl Kol. Sugiono Gadang hingga Jl Raden Intan terpantau arus lalu lintas sangat padat.

“Mengapa penuh? Karena satu, kalau dilihat dari CCTV itu banyak kendaraan besar. Kendaraan besar banyak yang masuk karena mereka mengejar dateline pengiriman barang tanggal 17 pukul 16.00 WIB. Itu batas akhir kendaaran barang beroperasi,” jelas Jaya, panggilan akrab Widjaja Saleh Putra, Selasa (18/4/2023).

Kepadatan volume kendaraan juga terpantau di beberapa titik, terutama di kawasan pusat perbelanjaan, seperti halnya daerah Alun-Alun Merdeka yang menjadi akses utama menuju beberapa lokasi pusat perbelanjaan.

Dishub bersama Polresta Malang Kota disampaikannya juga menempatkan personelnya di titik strategis untuk mengantisipasi dan membantu jika terjadi lonjakan volume kendaraan yang menyebabkan tersendatnya arus lalu lintas. Selain itu pihak Dishub juga telah melakukan koordinasi dengan juru parkir agar kelancaran arus lalu lintas di kawasan tersebut tetap terjaga.

Jaya mengimbau kepada pengendara agar tidak semaunya sendiri memarkir kendaraannya. Dishub Kota Malang dikatakannya juga bekerja sama dengan Kabuten Malang untuk parkir bisa masuk ke parkir di Pendopo Kabupaten Malang.

“Walaupun pintu keluar satu di Pendopo Kabupaten Malang, kami sudah berkoordinasi dengan Dishub dan Satpol PP Kabupaten Malang,” tegas Jaya.

Berkaca dari pengalaman selama ini, jam-jam padat adalah sepulang jam kerja mulai jam 15.00 WIB sampai dengan jam 22.00 WIB. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content