Klojen (malangkota.go.id) – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2023 secara virtual dengan pemerintah pusat di Ballroom Sanika Satyawada Polresta Malang Kota, Kamis (6/4/2023).

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2023 yang diikuti secara virtual dari Ballroom Sanika Satyawada Polresta Malang Kota, Kamis (6/4/2023)

Dalam rakor persiapan arus mudik dan arus balik tersebut diantaranya dipaparkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Panglima TNI, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Menteri Perhubungan, Menteri Perdagangan RI, dan Basarnas.

Beberapa sektor penting yang dibahas dan disampaikan yaitu terkait keamanan masyarakat saat arus mudik dan balik, ketersediaan stok pangan dan pengendalian harga. Kepala daerah yang mengikuti rakor ini pun diimbau untuk menjalankan dan menjaga semua agar masyarakat tidak resah.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko usai mengikuti rakor mengungkapkan stok kebutuhan pangan di Kota Malang masih aman. Namun dia tidak menampik jika terkadang harga kebutuhan pokok tidak bisa dikendalikan atau fluktuatif.

Meski demikian, pria berkacamata itu meminta warga masyarakat agar tidak resah karena pihaknya akan melakukan pemantauan stok dan mengendalikan harga kebutuhan pokok. “Operasi pasar akan menjadi salah satu solusi jika ada lonjakan harga kebutuhan. Namun kami harap dan optimis itu kemungkinannya kecil,” jelas pria yang akrab disapa Bung Edi itu.

Agar kondisi ini tetap stabil, ditegaskannya bahwa Pemkot Malang akan selalu berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang anggotanya diantaranya Perum Bulog, Pertamina dan Bank Indonesia. “Dengan demikian, stok pangan, harga kebutuhan pokok dan inflasi dapat terkendali dengan baik,” yakin Bung Edi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content