Berita Pendidikan

Disdikbud Jaring Talenta Seni Lewat FLS2N Tingkat Kota

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tingkat Kota Malang di SMPN 12 Kota Malang, Selasa (23/5/2023). Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk membina dan meningkatkan prestasi siswa di bidang seni budaya.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tingkat Kota Malang di SMPN 12 Kota Malang

Melalui FLS2N SMP ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. Selain itu juga menjadi wadah untuk menggali potensi siswa dalam berkesenian dan memberi motivasi untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat.

Ada puluhan sekolah yang yang berpartisipasi sebagai peserta dalam ajang ini, baik SMP negeri maupun swasta di Kota Malang.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Malang, Drs. Dodik Teguh Pribadi, M.Pd memotivasi para peserta untuk menampilkan potensi terbaiknya, sesuai tema FLS2N 2023 ‘Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi’.

“Semua harus bersemangat untuk berjuang menjadi yang terbaik, yakni juara pertama tingkat kota. Nanti siapapun yang menjadi juara pertama akan mewakili Kota Malang di FLS2N tingkat provinsi,” serunya memotivasi.

Dodik berharap peserta FLS2N juga bisa menampilkan potensinya kepada masyarakat. “Walau tidak menang, jangan patah semangat. Tetap kembangkan potensi kalian. Masih banyak kesempatan, seperti bisa tampil di Gedung Kesenian Malang di Jalan Nusakambangan,” tuturnya.

Ada enam cabang kesenian yang dilombakan dalam FLS2N jenjang SMP ini, yakni tari kreasi, kreativitas musik tradisional, ansambel musik, menyanyi solo, ilustrasi, dan pantomim. Setelah melalui persaingan yang ketat, pemenang FLS2N Tingkat Kota Malang dan nantinya mewakili di tingkat Provinsi Jawa Timur telah diumumkan.

Pemenang untuk setiap cabang kesenian adalah SMP Negeri 4 Kota Malang untuk tari kreasi, kreativitas musik tradisional, ilustrasi, dan pantomim. Sementara untuk kategori menyanyi solo dimenangkan oleh SMP Charis, sedangkan SMP Negeri 3 Kota Malang terpilih menjadi yang terbaik dalam kategori ansambel musik. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content