Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Bawaslu RI Apresiasi Gebrakan Mappilu PWI Malang Raya

Blimbing (malangkota.go.id) – Setelah dilantik beberapa waktu lalu, masyarakat dan pers pemantau pemilu (Mappilu) PWI Malang Raya mendaftar ke Bawaslu Kota Malang pada Jumat (26/05/2023). Langkah ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Biro Humas dan Media Bawaslu RI, Ali Imron, dalam kunjungan kerjanya ke Bawaslu setempat.

Ketua Mappilu PWI Malang Raya, Muhaimin, mengajak anggotanya untuk bertugas secara optimal

Sebagai salah satu perpanjangan tangan Bawaslu, Ali berharap agar anggota Mappilu PWI Malang Raya ikut berkontribusi dalam mewujudkan pemilu 2024 yang berkualitas dan bermartabat. “Mappilu dari unsur wartawan ini dalam menjalankan tugasnya hendaknya tetap mengacu pada kode etik jurnalistik,” tambahnya.

Melalui karya jurnalistiknya, diharapkan juga dapat memberikan literasi kepada masyarakat agar partisipasi masyarakat juga tinggi di masa mendatang. Ali menegaskan bahwa tugas sebagai wartawan dan pemantau pemilu adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Namun demikian, wartawan harus tetap menjaga reputasinya dan berada di jalur yang tidak memihak dan adil. Menurut Ali, ini merupakan gebrakan atau langkah yang luar biasa, sebuah bentuk konkret dari cita-cita pers sendiri serta tanggung jawab pers dalam menyukseskan pemilu 2024.

“Saya rasa Mappilu harus bekerja secara profesional, tetap menjunjung tinggi independensinya dalam situasi politik seperti ini. Ketika bekerja sama dengan Bawaslu, diharapkan akan memberikan nilai tambah dan kontribusi dari media untuk negara ini. Dengan demikian, diharapkan akan lahir pemimpin bangsa yang bermoral, jujur, dan sesuai dengan harapan rakyat,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Mappilu PWI Malang Raya, Muhaimin, mengatakan bahwa program terdekat adalah menggelar pelatihan agar anggota Mappilu PWI ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik. “Pekan depan, pendaftaran serupa akan dilanjutkan ke Bawaslu Kota Batu dan Kabupaten Malang.

“Karena tahapan pemilu sudah berjalan, harapan kita setelah ini kita bisa lebih maksimal lagi untuk melakukan pemantauan. Teman-teman di lapangan dapat langsung melakukan penetrasi dengan baik,” urainya.

Dengan demikian, kata Muhaimin, Mappilu PWI Malang Raya dapat membantu pemerintah, khususnya Bawaslu, dalam melakukan pemantauan di lapangan sehingga kita juga dapat mewujudkan pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas,” pungkas Muhaimin. (say)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content