Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Atasi Keterbatasan Suplai, DPRD Dorong Perumda Tugu Tirta Lakukan Percepatan

Klojen (malangkota.go.id) – Upaya Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang untuk mengatasi keterbatasan suplai air baku mendapat atensi langsung dari Dewan Perwakilan Rayat Daerah (DPRD) Kota Malang. Secara langsung, Komisi B DPRD Kota Malang melakukan inspeksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Rabu (31/05/23).

Komisi B DPRD Kota Malang melakukan inspeksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)

Rombongan anggota dewan datang ke Kantor Pusat Perumda Tugu Tirta untuk melihat kesiapan SPAM 2 yang diproyeksi menambah suplai layanan Sawojajar hingga Buring dan sekitarnya.

“Kami ingin tahu langsung sejauh mana perkembangan SPAM Sawojajar. Semakin cepat difungsikan, maka layanan ke pelanggan di wilayah yang selama ini sering mengalami gangguan layanan bisa ter-cover lebih baik. Karena akan ada tambahan debit produksi dari optimalisasi SPAM,” ujar Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono, S.TP.

Dalam rombongan, turut serta anggota yang lain seperti H. Imron, Arief Wahyudi, Eddy Widjanarko, Lookh Mahfudz, Jose Rizal Joesoef dan Syabril Ulum.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Direksi Perumda Tugu Tirta dan melihat langsung ke lokasi, mereka mengetahui bahwa saat ini SPAM 2 sedang dipercepat proses filtrasi agar kualitas produksinya sesuai dengan standar uji kualitas air minum yang diatur dalam Permenkes No.492 Tahun 2010.

“Tidak ada masalah dengan suplai air. Dua sumur bor dapat menghasilkan kapasitas produksi sekitar 40 liter per detik. Tinggal proses filtrasi yang harus dilakukan dengan beberapa tahapan. Kami harap proses ini dapat selesai sesegera mungkin,” tegas Trio.

Direktur Teknik Perumda Tugu Tirta, Ir. Ari Mukti MT juga mengungkapkan bahwa optimalisasi SPAM 2 Sawojajar akan signifikan meningkatkan produksi air baku.

“Kami akan mempercepat proses ini sehingga layanan area Sawojajar hingga Buring dan sekitarnya dapat efektif tercakup. Ini merupakan bagian dari upaya percepatan layanan air minum 100 persen bagi masyarakat,” serunya.

Dalam kesempatan tersebut, anggota legislatif dari Komisi B juga meninjau lokasi pembangunan Water Treatment Plant (WTP) SPAM Bango di wilayah Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing. Proyek WTP ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Malang dengan Perum Jasa Tirta 1 dan rencananya akan dimulai dalam waktu dekat. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content