A. Highlight Berita Seni Budaya dan Pariwisata

Kota Malang Sajikan Tari Sekar Duta Budaya di Pawai Budaya Rakerkomwil IV ke-18 Apeksi

Pasuruan (malangkota.go.id) – Delegasi Kota Malang dengan apik menampilkan Tari Sekar Duta Budaya sebagai persembahan budaya khas Bumi Arema dalam Pawai Budaya yang menjadi rangkaian Rapat Kerja Komisariat Wilayah IV ke-18 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2023, di Kota Pasuruan, Kamis (22/6/2023).

Tari Sekar Duta Budaya sebagai persembahan budaya khas Bumi Arema dalam Pawai Budaya Apeksi tahun 2023

Pada momen ini rombongan Pawai Budaya Kota Malang dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji bersama Wakil Wali Kota Malang, Ir. Sofyan Edi Jarwoko dan Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji bersama Ketua I TP PKK Kota Malang, Ely Estiningtyas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana, SE, MM menjelaskan Tari Sekar Duta Budaya adalah salah satu tari garapan yang diciptakan oleh Duta Budaya Kota Malang.

“Tarian ini merupakan tarian berpasangan dengan gerakan gagah dan alusan khas malangan yang menggambarkan sosok pemuda-pemudi Kota Malang yang cinta akan budaya daerahnya,” jelas Suwarjana.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tarian ini menceritakan perjuangan arek Malang dalam mempertahankan kelestarian seni budaya Malang dengan penuh rasa berani, tanggung jawab, dan berbudi pekerti baik.

“Semangat pemuda ini harus tetap bangkit untuk menghidupkan citra seni malangan yang harus tetap lestari hingga anak cucu nanti,” paparnya.

Tak hanya Tari Sekar Duta Budaya yang dibawakan oleh para muda mudi terpilih Kota Malang dalam melestarikan budaya Malangan yang menarik perhatian para kepala daerah yang hadir. Rombongan delegasi Kota Malang juga menarik perhatian ribuan warga yang berjejer menonton lewat busana khas Malangan dan yel-yel Arema. Tak ayal, puluhan warga memanfaatkan momen tersebut untuk berfoto bersama. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content