Anak Berita

Peringatan HAN ke-39 Kota Malang Songsong Indonesia Layak Anak 2030

Blimbing (malangkota.go.id) – Kepedulian, kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak diharapkan dapat tumbuh dan meningkat di momen peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39.

Ketua Tim Penggerak PKK, Widayati Sutiaji memberikan penghargaan secara simbolis kepada pemenang lomba

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang saat puncak Peringatan HAN ke-39 Tahun 2023 Kota Malang Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Senin (31/7/2023).

Ditambahkannya, pemerintah berupaya untuk memberikan perhatian dan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya meningkatkan kualitas anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga yang berkualitas. “Kemudian dapat mendorong pengembangan kebijakan kabupaten/kota layak anak hingga ke tingkat kecamatan dan keluarahan dalam rangka mengupayakan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Selain itu juga meningkatkan jejaring kerja dan kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat,” jelas Donny.

Lebih lanjut Donny menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, sehingga perlu memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani. Dengan demikian diharapkan dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kedua adalah mendorong pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa menjadi leading sector untuk melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak disektor masing-masing. Ketiga, mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA 2030),” paparnya.

Hari Anak Nasional ke-39 mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Kota Malang dalam kesempatan ini mengusung subtema Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada tahun 2030 dan Indonesia menuju Generasi Emas pada tahun 2024 tanpa perkawinan dan kekerasan terhadap anak.

Untuk memeriahkan HAN 2023, Dinsos Р3АР2KB menggelar beberapa lomba yang pemenangnya turut diumumkan pada puncak peringatan yakni Video Edukasi Kreatif dan Lomba Poster Digital. Video pendek yang dilombakan memuat edukasi tentang perundungan (bullying) dan kekerasan pada anak. Sedangkan dalam lomba poster juga memuat pesan-pesan edukatif dan persuasif dalam pencegahan tindakan perundungan dan kekerasan pada anak.

Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada Ketua Tim Penggerak PKK, Kapolresta Malang Kota dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang sebagai apresiasi atas peran aktif dalam melakukan perlindungan perempuan dan anak di Kota Malang, penanganan kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Malang dan pencegahan perkawinan anak di kota Malang.

Sebelumnya dua penghargaan membanggakan juga diterima oleh Kota Malang. Pertama yakni Kota Malang mempertahankan tiga kali berturut-turut predikat Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya di ajang Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak ANak (KLA) 2023 serta Penghargaan Dafa Forum Anak (DAFA) Award 2023 kategori website terbaik yang diraih oleh Forum Anak Kota Malang. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content