Ekonomi Kerakyatan

RW V Kelurahan Blimbing Angkat Lele dan Belimbing Jadi Potensi Andalan

Blimbing (malangkota.go.id) – Warga RW V Jl LA Sucipto Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang membudidayakan lele dan mengembangkan agrobisnis belimbing dengan memanfaatkan lahan terbatas yang dimiliki.

Mochamad Antik menunjukan salah satu tempat budi daya lele di RW V

Ketua Kader Lingkungan RW 5 Kelurahan Blimbing, Mochamad Antik mengungkapkan untuk budidaya lele telah dirintis sejak Maret 2022 silam. Sedangkan untuk budi daya belimbing dilakukan berdampingan karena untuk penyiraman pohon belimbing memanfaatkan air dari kolam lele. Sekaligus pembudidayaan belimbing ini digalakkan adalah untuk menjadikan belimbing sebagai ikon wilayah.

“Untuk budi daya lele kami sudah mengembangkan pembesaran, ada juga produk olahan lele, jual beli lele segala usia juga kami layani, mulai dari bibit lele, lele remaja, lele siap konsumsi, lele untuk pemancingan, semua kami layani,” jelas Antik, Sabtu (5/8/2023).

Antik menyebutkan budi daya lele di tempatnya ini diberi nama Gubuk Lele Tirta Amerta yang selama ini juga merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang. “Meskipun lahannya sempit dan berada di daerah padat penduduk, kami selalu berusaha mengoptimalkan sehingga dapat menambah penghasilan anggota kelompok dan warga di sekitar lingkungan RW V,” jelas Antik.

Sementara itu untuk pengembangan agrobisnis belimbing, Antik mengatakan di wilayah RW V sudah memasarkan berbagai produk olahan dari buah belimbing antara lain sari belimbing, sambal belimbing, jus belimbing, jeli belimbing dan juga tabulampot belimbing. “Untuk sari belimbing selama satu bulan kami bisa memproduksi dan menghabiskan sebanyak 1.000 botol,” imbuh Antik.

Produk olahan belimbing, dikatakan Antik biasanya dibuatkan pada saat ada pesanan saja. Ini dilakukan untuk bisa menghindari kerugian, karena produk buatannya dibuat tanpa bahan pengawet sehingga tidak tahan lama.

Lebih lanjut Antik menyebutkan untuk pemasaran produk olahannya, baik itu lele ataupun belimbing, pihaknya memanfaakan media sosial sebagai media yang saat ini dinilai lebih efektif untuk mengenalkan dan memasarkan produk selain melalui pameran-pameran.

Seiring dengan berkembangnya usaha dan juga tingkat kesadaran warga untuk memanfaatkan setiap jengkal lahan yang ada menjadi produktif, menurut Antik ini menjadi bukti nyata bahwa slogan yang diusung RW V Kelurahan Blimbing Berbinar (Bermanfaat, Bersih dan Indah) sangat tepat. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content