Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Satlinmas Bumiayu Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Berlabel Satlinmas Bumiayu Untuk Indonesia Maju, 70 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang membentangkan Bendera Merah Putih raksasa, Kamis (17/8/2023).

Semangat Satlinmas kelurahan Bumiayu bentangkan dan kirab bendera Merah Putih raksasa

Pembentangan bendera berukuran 3×78 meter dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini dilakukan bersama TNI – Polri tepat pukul 10.00 WIB bersamaan dengan detik-detik Proklamasi bendera di sepanjang Jalan Kyai Parseh dan semua pengguna jalan dihentikan.

Setelah pembacaan teks Proklamasi, semua warga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan melakukan penghormatan kepada Sang Merah Putih. Momen ini sebagai wujud penghormatan atas kemerdekaan bangsa, penghargaan bagi pahlawan kemerdekaan dan menguatkan nasionalisme masyarakat.

Komandan Peleton (Danton) Satlinnmas Kelurahan Bumiayu, Miswadi, usai pembentangan bendera mengatakan bendera Merah Putih raksasa ini kemudian diarak atau dikirab sejauh lima kilometer untuk memaknai peringatan Hari Kemerdekaan.

“Untuk penggelaran bendera baru pertama kali ini dilaksanakan di Kelurahan Bumiayu. Hal ini untuk menggerakkan Satlinmas Bumiayu dan juga warga sekitar untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan menghargai jasa-jasa para pahlawan perjuangan bangsa,” imbuhnya.

Adapun filosofi dari bendera berukuran 3×78 meter ini yaitu sinergi tiga unsur yang terdiri dari linmas yang merupakan representasi pemerintah daerah dengan TNI yang dalam hal ini Babinsa serta Polri dari unsur Babhinkamtibmas.

Sedangkan 78 meter adalah usia kemerdekaan Indonesia, sehingga ke depan sinergi tiga pilar ini bisa lebih baik lagi dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian akan turut mewujudkan Kota Malang yang makmur dan kondusif. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content