Berita Ekonomi Kreatif

Hadiri Dekranasda Fest, Wali Kota Malang Beberkan Kunci Utama Kesuksesan UMKM

Blimbing (malang) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memberikan apresiasi atas digelarnya Dekranasda Fest 2023 yang digelar di gedung Malang Creative Center (MCC), Rabu (23/8/2023). Menurutnya melalui acara seperti ini akan memunculkan kerja sama dan kolaborasi yang pada akhirnya akan melahirkan produk berkualitas.

Wali kota Malang, Drs H Sutiaji tinjau lokasi pameran pelaku UMKM

Dalam konteks ini, kolaborasi antara pelaku UMKM busana dengan perancang busana atau desainer adalah kunci. “Ini salah satu solusi bagaimana meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar global,” imbuh pria berkacamata itu.

Meski demikian, Wali Kota Sutiaji tetap mengajak para pelaku UMKM agar terus berinovasi. Kolaborasi dengan berbagai pihak pun menjadi sesuatu yang penting agar dari karya mereka dapat bersaing di berbagai level pasar. Dengan begitu maka secara otomatis juga akan mendongkrak roda ekonomi.

“Dekranasda itukan filosofinya menggali potensi-potensi. Setelah itu yang lebih kuat itu berinovasi dan yang ketiga menguatkan. Semua itu terus-menerus akan kita kuatkan, seperti e-katalog lokal dan seterusnya akan kita kuatkan. MCC ini pun dibangun juga bertujuan bagaimana menjadi inkubasi kita,” urai Sutiaji.

Guna terus mengoptimalkan keberadaan pelaku UMKM ini, orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu mengaku telah melakukan berbagai program penguatan. Seperti pemasaran produk secara konvensional di berbagai agenda pemerintahan maupun secara daring melalui aplikasi yang dimiliki Pemkot Malang.

“Hasil dari berbagai langkah nyata itu, hingga hari ini perputaran uang di sektor UMKM mencapai sekitar Rp90 miliar. Jadi inovasi, kolaborasi dan sinergi menjadi kunci utama agar pelaku UMKM dapat bersaing hingga ke level pasar internasional,” pungkas Sutiaji. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content