Berita Ekonomi Kreatif

Meriahkan HUT ke-43 Dekranas, Dekranasda Kota Malang Gelar Lomba Merangkai Bunga

Blimbing (malangkota.go.id) – Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2023, Dekranasda Kota Malang mengadakan serangkaian acara bertajuk Dekranasda Fest 2023 yang berlangsung dari tanggal 22-24 Agustus 2023 di Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang. Rangkaian acara ini dimulai pada Selasa (22/8/2023) dengan menggelar workshop dan lomba merangkai bunga yang diikuti oleh 68 perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai Perangkat Daerah (PD) di lingkunga Pemerintah Kota Malang.

Ketua Dekranasda Kota Malang Hj. Widayati Sutiaji dan juri mengunjungi meja salah satu peserta lomba

Ketua Dekranasda Kota Malang Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos, MM., menjelaskan bahwa workshop dan lomba merangkai bunga ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan wawasan para ASN di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mereka sehari-hari. Tujuannya adalah agar para ASN memiliki kemampuan tambahan yang berharga, bahkan dapat memberikan potensi penghasilan ekstra di samping gaji bulanan mereka.

“Diharapkan ini dapat menjadi peluang untuk menciptakan lapangan kerja baru dan usaha sampingan bagi para ASN, terutama dalam era digital ini di mana berbisnis dapat dilakukan melalui smartphone saja,” katanya.

Widayati menambahkan bahwa para ASN saat ini dituntut untuk menjadi lebih inovatif dan kreatif. Tanpa itu, mereka mungkin akan tertinggal oleh perkembangan zaman. Ia menekankan bahwa ASN saat ini bukan hanya abdi negara biasa, tetapi harus memiliki kemampuan bersaing dan dipercaya dalam mengemban tugasnya. Oleh karena itu, ia mendorong para ASN untuk lebih aktif berinovasi, berkreasi, dan meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.

“Sebagai Ketua Dekranasda Kota Malang, saya mengajak ASN di Kota Malang untuk tidak hanya menjalankan tugas pokoknya, tetapi juga mengembangkan kreativitas dan inovasi. Seorang ASN yang kreatif tidak hanya mengandalkan pendapatan bulanan,” ujarnya.

Widayati menyebutkan workshop ini juga merupakan bagian dari peran Dekranasda Kota Malang dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Malang. Menurutnya, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian keluarga. Dengan ekonomi keluarga yang kuat, kesejahteraan dan aspek sosial juga akan menjadi lebih baik.

“Dekranasda Kota Malang sepenuhnya mendukung UMKM di Kota Malang, dengan menyelenggarakan pelatihan dan fasilitasi untuk pameran di luar kota. Kami juga melakukan kolaborasi untuk mendukung UMKM,” tutupnya. (iu)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content