Berita Pendidikan

Bunda PAUD Kota Malang Luncurkan Buku Panduan Antibullying

Klojen (malangkota.go.id) – Bunda PAUD Kota Malang Widayati Sutiaji meluncurkan buku Panduan Anti Bullying untuk siswa dan buku Panduan Anti Bullying untuk pendamping siswa. Bersama Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji buku ini diperkenalkan ke publik dalam kegiatan Malang Teacher Fest di Hotel Santika Kota Malang, Kamis (21/9/2023).

Peluncuran buku Panduan Anti Bullying untuk siswa dan buku Panduan Anti Bullying untuk pendamping siswa

Bunda PAUD Kota Malang Widayati mengungkapkan buku Panduan Anti Bulying (perundungan) untuk siswa dan pendamping siswa ini merupakan pemikiran bersama dengan sang suami dengan harapan pemahaman tentang perundungan dapat lebih dipahami dan kejadian perundungan tidak terjadi lagi di Kota Malang.

“Buku sengaja dibuat penuh warna dan dengan gambar-gambar yang menarik, agar pembaca tidak merasa bosan,” kata Widayati.

Adanya buku ini diharapkan dapat mengajarkan kepada siswa bahwa di antara teman, mereka harus saling menyayangi dan menjaga satu sama lain. Demikian pula hubungan dengan guru dan teman harus baik.

“Saling menyayangi adalah suatu kewajiban. Kita juga harus berhati-hati dalam bergurau, tidak boleh berlebihan, karena jika berlebihan, sesuatu yang awalnya bercanda bisa berubah menjadi permusuhan,” ujar Widayati.

Buku panduan sengaja dibuat dalam dua bagian, karena buku ini ditujukan untuk dua sisi. Sisi pertama adalah untuk siswa, dan sisi kedua adalah untuk guru dan orang tua. Diharapkan bahwa kedua buku ini dapat menjadi cermin bagi pembaca untuk melakukan refleksi diri dan menjadi lebih baik.

“Terutama dalam memahami dan mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi dan mencegah terjadinya kasus-kasus bullying,” tambah Widayati. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content