Klojen (malangkota.go.id) – Banyaknya animator hebat di Kota Malang menjadi salah satu pertimbangan 4th Craft International Animation Festival (Craft Animfest) 2023 digelar di Kota Malang. Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Direktur Festival CRAFT Animfest saat menggelar jumpa pers di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Kamis (19/10/2023).

Chonie Prysilia mengungkapkan  saat menggelar jumpa pers di Malang Creative Center (MCC) Kota Malang

Chonie Prysilia mengungkapkan Craft Animfest 2023 adalah edisi yang keempat. Festival di Kota Malang ini diikuti sebanyak 237 pendaftar, enam hari festival, 92 film, 20 lebih program pemutaran film, dan diikuti peserta dari 38 negara. “Kota Malang sangat luar biasa. Kota ini memiliki segalanya yang mendukung, seperti MCC yang sangat komplet fasilitasnya,” jelas Chonie.

Sebelum memutuskan menggelar 4th Craft Animfest 2023 di Kota Malang, Chonie mengaku pihaknya telah mempertimbangkan semua hal dengan matang. Dikatakannya bahwa Kota Malang adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk menurut sensus 2020 adalah sebanyak 843.310 jiwa. “Kota Malang juga memiliki salah satu SMK terbaik di bidang animasi. Malang juga dikenal sebagai kota yang melahirkan animator hebat di dunia industri,” beber Chonie.

Lebih jauh Chonie mengatakan di Kota Malang ada 13 studio animasi dan 4 SMK yang memiliki jurusan animasi. Data dari Indonesia Creative Cities Network (ICCN) tahun 2016 mengungkapkan industri animasi Kota Malang berkontribusi besar di tingkat nasional, yakni menyumbang Rp46.562.885.000.000,- dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Disebutkannya, Kota Malang juga memiliki komunitas animasi yang secara konsisten menjadi pendukung Craft Animfest sejak pertama digelar. Untuk itu sebagai perayaan bagi komunitas yang hidup dan bekerja keras untuk ekosistem animasi di Kota Malang, maka diselenggarakanlah 4th Craft Animfest 2023. “Sebelum menggelar kegiatan di Kota Malang, saya sudah satu bulan terakhir di sini. Kota Malang sangat luar biasa, saya langsung jatuh cinta dengan kota ini,” ujar Chonie.

Craft Animfest 2023 adalah festival pertama di Asia yang didedikasikan untuk teknik tradisional dalam animasi (stop motion, animasi gambar/lukisan klasik, animasi pasir dan lain lain). Craft Animfest juga merupakan festival pertama di Asia Tenggara yang mengulas seni terkini animasi yang diimplementasikan di belahan dunia (dalam hal ini termasuk teknik digital).

Craft Animfest adalah festival dua tahunan dilakukan setiap tahun ganjil sejak tahun 2017. Di Kota Malang, Craft Animfest akan diselenggarakan pada 23-28 Oktober 2023 di MCC. Sebagai informasi bahwa tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Inernastional Animation Day atau Hari Animasi Internasional. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content