Kesehatan

Cegah Stunting, Warga Terima Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam

Kedungkandang (malangkota.go.id) – 356 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang merupakan Keluarga Rawan Stunting (KRS) di Kelurahan Buring, Wonokoyo, dan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang menerima bantuan bahan pangan tahap kedua berupa telur dan daging ayam, Senin (30/10/2023).

Camat Kedungkandang Fahmi Fauzan AZ secara simbolis menyerahkan bantuan pangan

Penyaluran bantuan ini merupakan kolaborasi antara Badan Pangan Nasional (Bapanas) dengan pemerintah daerah, yang juga didukung oleh PT Pos Indonesia. Penyaluran bantuan ini menjadi langkah konkret dalam penanganan masalah stunting.

Telur dan daging ayam dipilih melalui pertimbangan nilai nutrisi yang tinggi serta dapat divariasikan dalam pola makan keluarga. Nutrisi yang optimal menjadi peranan penting dalam mengatasi tantangan stunting.

Dalam penyaluran bantuan yang diselenggarakan di Kantor Kelurahan Buring tersebut, Camat Kedungkandang, Drs. Fahmi Fauzan AZ, M.Si menyampaikan bahwa dalam penangan stunting sangat perlu adanya intervensi pemerintah.

“Salah satunya adalah melalui penyaluran bantuan pangan yang mendukung penurunan risiko stunting. Kami berharap bantuan dari pusat ini dapat berjalan terus,” ujarnya.

Fahmi menambahkan bahwa selain bantuan pangan, pemerintah juga harus terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait masalah stunting. “Masalah stunting tidak melulu akibat kurangnya bahan pangan, tapi penting juga bahwa masyarakat itu memiliki informasi dan pendidikan. Misalnya kita harus tahu bahwa tidak semua makanan itu bisa memenuhi gizi dan menunjang tumbuh kembang anak. Makanan mungkin tersedia, tapi apakah itu sesuai kebutuhan gizi anak. Itu yang harus kita tahu,” terang Fahmi.

“Ada intervensi yang kami inisiasi melalui kelurahan terutama melalui peran PKK. Kita lakukan juga dengan memanfaatkan potensi wilayah masing-masing. Kalau di Kedungkandang ini ada buah-buahan berprotein tinggi. Kita juga coba dengan budidaya ikan, seperti ikan nila yang nanti bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” pungkasnya.

Salah seorang penerima manfaat, Niken Wijayanti dari Kelurahan Bumiayu menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan bahan pangan yang diberikan pemerintah ini. “Alhamdulilah dengan adanya bantuan ini dapat membantu perekonomian kami, juga yang utama bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup sehingga menunjang tumbuh kembang anak saya,” ungkapnya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content