Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Kota Malang Raih Penghargaan Surya Award 2023 Kategori Daerah Dengan Angka Kemiskinan Terendah

Surabaya (malangkota.go.id) – Komitmen dan upaya Pemerintah Kota Malang dalam mengentaskan permasalahan kemiskinan mendapatkan apresiasi. Kali ini Kota Malang menerima penghargaan di ajang Surya Award 2023 kategori Penghargaan Daerah Dengan Angka Kemiskinan Terendah. Penghargaan ini diterima Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM dalam rangkaian acara Hari Jadi ke-34 Harian Surya yang juga dihadiri dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa di Dyandra Convention Center Surabaya, Kamis (9/11/2023).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menerima penghargaan di ajang Surya Award 2023 kategori Penghargaan Daerah Dengan Angka Kemiskinan Terendah

Pj. Wali Kota Malang mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Kota Malang atas menurunnya angka kemiskinan yang masif. Tren penurunan kemiskinan tersebut sejalan dengan fokus kebijakan yang diamanatkan oleh pemerintah pusat. Ia meminta semua pihak agar terus menguatkan sinergi dan kolaborasi untuk menekan angka kemiskinan di Kota Malang.

“Alhamdulillah berdasarkan rilis BPS menyebutkan angka kemiskinan Kota Malang 2023 mengalami penurunan sebesar 0,11 persen dari tahun sebelumnya. Persentase penduduk miskin di Kota Malang ini mengalami penurunan dari 4,37 persen pada tahun 2022 menjadi sebesar 4,26 persen di 2023,” urai Wahyu.

Penghargaan ini merupakan apresiasi atas upaya pemerintah daerah dalam rangka pertumbuhan ekonomi serta beberapa isu strategis termasuk penurunan angka kemiskinan. Indikator penilaian berdasarkan data terukur dari instansi diantaranya BPS, Biro Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bank Indonesia, Bapanas serta BKKBN.

“Hal ini tentunya merupakan pencapaian positif. Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap penurunan kemiskinan ini diantaranya situasi pasca pandemi Covid-19 di Kota Malang yang berangsur-angsur mulai normal,” jelasnya lagi.

Selanjutnya, geliat perekonomian yang sudah kembali berjalan walaupun belum 100 persen pulih utamanya konsern pemerintah Kota malang terhadap perkembangan ekonomi kreatif. Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 1,99 persen point atau dari 9,65 persen pada Agustus 2021 menjadi 7,66 pada Agustus 2022.

Penurunan kemiskinan di Kota Malang tak lepas dari upaya berbagai pihak. Beberapa program yang telah digulirkan seperti Realisasi penyaluran Program Bantuan Sembako (BPNT) yang tepat waktu berdampak positif pada turunnya tingkat kemiskinan, utamanya pada situasi pandemi covid 19. Serta konsern dan komitmen Pemkot Malang melalui program dan kebijakan yang tepat sasaran.

“Untuk upaya-upaya penanganan kemiskinan akan kita terus kuatkan, salah satunya melalui kita tingkatkan ekonomi kreatif memberdayakan masyarakat, meningkatkan ketrampilan mereka, hingga memasarkan,” tutur Wahyu.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan, Surya selama ini telah turut serta menyukseskan pembangunan di Kota Malang dengan terus menjadi mitra kami dengan membantu menyampaikan ke masyarakat luas mengenai program dan kebijakan yang telah kami lakukan,” pungkas Pj. Wali Kota Malang. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content