Berita Pendidikan

Pj. Wali Kota Malang Lepas Kontingen Raimuna Jatim 2023

Malang, (malangkota.go.id) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM secara resmi melepas Kontingen Raimuna Daerah Jawa Timur XIV Tahun 2023 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang, Jumat (10/11/2023). Raimuna tahun ini diadakan pada pada tanggal 16 hingga 21 November 2023 bertempat di Bumi Perkemahan Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM secara resmi melepas Kontingen Raimuna Daerah Jawa Timur XIV Tahun 2023 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Malang

Pelepasan Kontingen Raimuna Jatim XIV Tahun 2023 yang beranggotakan 48 orang ini secara simbolis dilakukan dengan pemakaian rompi dan topi kontingen yang diberikan oleh Pj Wali Kota kepada dua orang perwakilan regu.

Dalam sambutannya, Wahyu menyampaikan berbagai pesannya bagi para anggota kontingen. Hal yang menjadi penekanannya adalah bahwa perwakilan Kwarcab Kota Malang dapat mengikuti dan melakukan hal terbaik dalan Raimuna Jatim 2023 ini.

“Adik-adik sekalian membawa nama baik Kota Malang. Pesan saya, selalu lakukan hal-hal yang terbaik. Semoga ada hal positif yang dapat dibawa pulang yang nanti bisa dimanfaatkan dan berdampak pada masyarakat Kota Malang,” tutur Pj. Wali Kota Malang yang sekaligus adalah Ketua Majelis Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang.

Lebih lanjut Wahyu menyampaikan, Kwarcab Kota Malang dipandang mampu dan memiliki potensi untuk berprestasi. Berbagai prestasi telah diraih oleh Pramuka Kwarcab Kota Malang selama ini dan tentu akan menjadi motivasi untuk terus berprestasi. Karenanya, Wahyu juga berharap kontingen Kota Malang  juga mampu berprestasi dalam ajang Raimuna Jatim tahun ini.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Malang, Drs. Heri Sunarko, M.Si menyampaikan bahwa Raimuna kali ini mengangkat tema  ‘Jawi Wetan Manunggal’ yang dalam Bahasa Indonesia berarti Jawa Timur dalam Satu Kesatuan. “Artinya, manunggal itu merupakan akronim dari bermanfaat, unggul, dan berakhlak. Jadi para peserta Raimuna ini diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Camat Klojen ini.

Heri menyebutkan bahwa anggota Kontingen Kota Malang yang mengikuti Raimuna Jatim 2023 ini sebanyak 48 orang yang terdiri dari 40 penegak-pandega yang berasal dari berbagai SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi serta 8 orang  pendamping.

Untuk diketahui, Raimuna merupakan kegiatan perkemahan bagi anggota pramuka golongan penegak dan pandega. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepramukaan dan ketangkasan sosial. Raimuna yang diselenggarakan rutin setiap lima tahunan ini dilaksanakan selama enam hari. Tahun ini adalah kali ketiga belas Jawa Timur menggelar Raimuna yang diikuti oleh perwakilan penegak-pandega dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur dan unsur kepramukaan lainnya. Raimuna Jawa Timur XIV akan menggabungkan metode kepramukaan dengan budaya Jawa Timur dan teknologi digital yang dikemas secara kekinian. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content