Ekonomi Kerakyatan Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Ciptakan Tenaga Kerja Terampil, Diskopindag Gelar Pelatihan Melinting

Sukun (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang menggelar Pelatihan Melinting untuk Industri Hasil Tembakau di Pabrik PT Sinar Mahkota Mas, Bandulan Kecamatan Sukun, Senin (13/11/2023). Dalam pelatihan yang diikuti 700 peserta ini, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyampaikan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pembinaan dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga tercipta tenaga terampil yang siap kerja.

“Ini merupakan wujud kepedulian dari Pemkot Malang untuk senantiasa meningkatkan wawasan, pengetahuan dan potensi serta kinerja para pekerja di industri rokok guna menghasilkan produk yang lebih baik. Terlebih tenaga kerja untuk melinting ini oleh industri rokok sekarang banyak dibutuhkan. Jadi tadi ada kuota banyak yang dibutuhkan oleh industri rokok yang ada di Kota Malang ini,” urai Wahyu.

Lebih lanjut Pj. Wali Kota Malang berharap melalui pelatihan yang dialokasikan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini menjadi salah satu upaya dalam menekan angka pengangguran dengan melatih dan mendidik tenaga kerja baru. Peserta akan diajarkan cara melinting tembakau dengan baik dan benar, karana melinting tembakau bukan hanya sekadar suatu pekerjaan, tetapi seni yang memerlukan keterampilan dan dedikasi.

“Pelatihan ini dapat meningkatkan SDM yang mereka sedang dibutuhkan. Mereka belum memiliki keterampilan apapun, akhirnya mereka kita beri bantuan pelatihan melinting ini agar nanti keterampilannya dapat dimanfaatkan oleh industri rokok. Selain itu kita juga bisa menekan angka pengangguran dengan memberikan pelatihan ini. Jadi ada simbiosis mutualisame,” jelasnya.

Selaras dengan hal itu, pelatihan ini juga menjadi salah satu upaya mewujudkan kemampuan pelaku industri dalam menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk itu, Wahyu mengajak para peserta agar manfaatkan sebaik mungkin pelatihan ini. Menurutnya seiring berjalannya waktu, tuntutan kualitas, efisiensi, dan keamanan dalam produksi tembakau semakin meningkat. Oleh karena itu, penting untuk terus memperbaharui pengetahuan dan keterampilan.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini jajaran Forkopimda, Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Timur II, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Malang dan stakeholder terkait lainnya. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content