Pelayanan Publik

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Luncurkan Anjungan Mandiri

Malang (malangkota.go.id) – BPJS Kesehatan terus berupaya melakukan transformasi mutu layanan dengan beragam inovasi untuk mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara. Tranformasi mutu layanan ini tidak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan, namun juga dilakukan di kantor cabang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kepesertaan.

AMAN

Untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepesertaan, BPJS Kesehatan meluncurkan Anjungan Mandiri atau disingkat AMAN sebagai sarana pelayanan peserta. Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang, Roni Kurnia Hadi Permana memastikan bahwa anjungan ini dapat beroperasi sebagaimana mestinya dan dapat digunakan oleh peserta dengan baik.

“BPJS Kesehatan terus berupaya melakukan perbaikan layanan kepada peserta. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Anjungan Mandiri. Anjungan ini ada di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Jadi peserta yang datang ke kantor cabang dapat mengakses Anjungan Mandiri untuk mengetahui informasi terkait kepesertaan Program JKN. Jadi tidak harus menunggu antrean untuk dilayani petugas frontliner” kata Roni, Kamis (28/12/2023).

Dia menjelaskan, saat ini terdapat lima fitur pengecekan yang tersedia di Anjungan Mandiri yaitu Status Kepesertaan, Tagihan Iuran, Virtual Account, Info JKN, dan Cari Lokasi. Peserta yang datang dapat memilih salah satu fitur tersebut sesuai keperluannya dan dapat mengulang untuk memilih fitur yang lainnya.

“Contohnya, ini ada masyarakat yang datang ke kantor cabang untuk mengetahui status kepesertaannya. Maka yang bersangkutan cukup menggunakan Anjungan Mandiri dengan memilih fitur Status Kepesertaan, kemudian memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan tanggal lahir saja,” jelas Roni.

Setelah itu data kepesertaannya akan tampil di layar monitor Anjungan Mandiri. “Demikian juga untuk pengecekan tagihan iuran untuk mengetahui ada tunggakan atau tidak, dan berapa jumlahnya, tidak perlu mengantre layanan di frontliner tapi bisa langsung melihat sendiri datanya di Anjungan Mandiri,” jelasnya lebih lanjut.

Untuk fitur Info Lokasi, fitur ini menyediakan informasi lokasi Kantor BPJS Kesehatan dan informasi lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui lokasi faskes, peserta dapat memilih jenis fasilitas kesehatannya, misalnya dokter praktek perorangan, klinik atau rumah sakit dan lokasi tempat fasilitas kesehatan berada. Setelah terisi lengkap, layar monitor akan menampilkan informasi tentang fasilitas kesehatan yang dimaksud.

“Fitur aplikasinya mungkin masih dirasakan terbatas, tapi kami yakin ini bisa membantu peserta untuk mendapatkan pelayananan administrasi kepesertaan yang paling umum dengan cepat dan mudah. Tidak perlu terlalu lama menunggu layanan di frontliner, tinggal mengakses di Anjungan Mandiri dan kemudian bisa melanjutkan aktivitas pribadinya,” urai Roni.

Apabila memerlukan pelayanan administrasi kepesertaaan lebih lanjut, bisa melalui Aplikasi Mobile JKN maupun chat Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA). Jadi waktunya bisa lebih efektif. Tidak menutup kemungkinan juga kedepannya fitur aplikasi di Anjungan Mandiri bisa ditambah.

Keberadaan Anjungan Mandiri di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang tersebut mendapatkan apresiasi positif dari salah satu peserta JKN. Pasalnya, berkat Anjungan Mandiri tersebut peserta tidak perlu mengantre. Ferry Sulistiawan (34), mengakui bahwa Anjungan Mandiri dapat memangkas antrean yang ada di Kantor BPJS Kesehatan. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content