Klojen (malangkota.go.id) – Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Baru 2024 di wilayah Kota Malang merupakan kegiatan penting untuk dilakukan sebagai upaya agar lebih memantapkan jalinan koordinasi, komunikasi dan sinergisitas antara TNI/Polri, aparatur pemerintahan sekaligus organisasi kemasyarakatan.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Baru 2024

Beberapa hari yang lalu penyelenggaraan pengamanan pada perayaan Natal telah berjalan dengan baik, dan tentunya apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas yang bekerja keras menjaga kondusivitas Kota Malang.

Beberapa hal itulah yang disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Baru 2024 di halaman Balai Kota Malang, Minggu (31/12/2023). Menurutnya, akan lebih baik lagi apabila semua pihak menguatkan semangat untuk mengawal jalannya perayaan tahun baru di Kota Malang.

“Karena tidak bisa dipungkiri, momentum tahun baru ini sangat ditunggu masyarakat dan bersamaan pula dengan liburan anak-anak sekolah, sehingga akan meningkatkan aktivitas di pusat-pusat keramaian yang memungkinkan berpotensi menimbulkan gangguan-gangguan kamtibmas maupun gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” urai Wahyu.

Oeh karena itu, ditegaskannya bahwa harus ada langkah antisipasi dan memberikan perhatian lebih terhadap gangguan yang ada seperti penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti kejahatan 3C (curat, curas, curanmor), tawuran antarkelompok masyarakat atau pemuda, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Seiring dengan hal tersebut, maka diharapkan seluruh pasukan pengamanan mengantisipasi dengan lebih proaktif dan aplikatif serta bertindak dengan cara yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang mungkin terjadi.

Pada monen ini, Wahyu menitipkan pesan kepada seluruh pasukan pengamanan antara lain, seluruh petugas keamanan menjalankan tugasnya dengan  profesional dan penuh tanggung jawab, memastikan seluruh titik keramaian terjaga keamanannya, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum malam pergantian Tahun Baru 2024.

“Laksanakan patroli secara rutin dan menyeluruh untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, serta mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas dengan berbagai pihak yang terlibat untuk menciptakan keamanan yang maksimal,” pesannya.

“Dengan demikian, saya percaya pasukan pengamanan akan mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Malang yang merayakan malam pergantian tahun baru. Dan tak lupa, saya juga mengimbau kepada masyarakat agar turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban malam pergantian tahun baru,” pungkas Wahyu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content