Sukun (malangkota.go.id) – Usai meninjau pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Balai RW 6 Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun, Kota Malang, Rabu (17/1/2024), Penjabat (Pj.) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Hanik Andriani Wahyu Hidayat meninjau taman toga yang berada di area Balai RW 6.

Pj Ketua TP PKK kota Malang, Hanik Andriani Wahyu Hidayat saat meninjau lahan di balai RW 6 kelurahan Karangbesuki

Disampaikan perempuan berhijab itu, pemanfatan lahan kosong di area RW 6 ini sudah bagus karena sudah ditanami aneka jenis bunga dan empon-empon. Namun ke depan masih perlu ditingkatkan karena masih ada beberapa area yang kosong.

Hanik pun meminta kepada Lurah Karangbesuki, Endy Sri Hartanto, SH yang saat itu mendampinginya agar segera mengajukan surat ke Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) untuk menambah bibit tanaman dan sarana prasarana pendukung.

Setiap lahan kosong, baik itu di kelurahan, balai RW, RT bahkan di pemukiman warga, menurut Hanik harus dimanfaakan dengan maksimal. Karena nantinya pasti akan banyak membawa manfaat dan keuntungan. “Kalau pengelolaannya bagus, bisa jadi jujukan studi banding,” jelasnya.

Selain itu hasil dari pemanfaatan lahan terbatas yang biasa disebut dengan konsep urban farming ini, seperti sayuran atau buah-buahan bisa dijual dan akan menambah pemasukan. Yang tak kalah penting apabila lingkungan sekitar hijau, maka akan menekan terjadinya pemanasan global.

“Jika kesulitan mengelola atau sistem penanamannya bisa berkonsultasi ke Dispangtan. Kalau ada kesulitan bisa menghubungi saya, nanti pasti saya bantu untuk mengomunikasikan,” pungkas Hanik. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content