Berita Ekonomi Kreatif umkm

Gambarkan Karakteristik 57 Kelurahan Kota Malang Lewat Event Jelang Julang #3

Klojen (malangkota.go.id) – Untuk ketiga kalinya Pameran Seni Kriya Tekstil dan Sandang Jelang Julang digelar di Kota Malang. Mengangkat tema “Malang Nggeber Cerita”, ajang kolaborasi tiga orang perajin tekstil ini menyajikan 57 motif stilasi yang menggambarkan karakteristik 57 kelurahan di Kota Malang.

Pameran Seni Kriya Tekstil dan Sandang Jelang Julang dengan tema tema “Malang Nggeber Cerita”

Pameran yang akan diselenggarakan di Malang Creative Center ini berlangsung mulai 18 -24 Januari 2024. Tak hanya pameran, akan ada berbagai lomba, workshop, talkshow dan berbagai kegiatan menarik lainnya dalam event ini. Acara juga diramaikan oleh puluhan stan UMKM Kota Malang.

Fikrah Ryanda Saputra, salah satu panitia event menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Hamparan Rintik (produsen kain shibori dan batik dari Dinoyo), Batik Blimbing Kota Malang (produsen kain batik tulis dan cap dari Blimbing), dan Griya Madukara (produsen kain ecoprint dari Polehan).

“Kurang lebih enam bulan kami buat kain ini dengan menggandeng teman-teman Seni Rupa Universitas Brawijaya untuk motifnya. Jadi memang kami gambarkan ikon-ikon di setiap kelurahan. Entah itu gedung, cagar budaya, sumber daya alam, kerajinan, atau potensi pariwisatanya,” terang Fikrah.

Ke depan, diharapkan Jelang Julang menjadi event tahunan yang rutin diselenggarakan. Selain itu di event mendatang Fikrah berharap akan lebih banyak perajin yang berkolaborasi untuk menghasilkan karya-karya otentik dan unik.

“Selain itu kami ingin tiap kelurahan punya motif sendiri yang bisa dijadikan ciri khas, sehingga tiap kelurahan punya suvenir atau kerajinannya sendiri yang motifnya benar-benar menggambarkan cerita setiap kelurahan. Malang itu image-nya kota kreatif, jadi kita buat Malang sejuta motif, jadi motifnya banyak,” ungkap owner Hamparan Rintik ini.

Perwakilan dari lima kecamatan dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang turut hadir dalam acara pembukaan pameran ini. Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dra. Yuke Siswanti, M.Si amat mengapresiasi kegiatan pameran ini.

“Apresiasi kami dari Pemerintah Kota Malang untuk event Jelang Julang Ketiga yang mengolaborasikan berbagai stakeholder. Terlebih produk yang dipamerkan merupakan hasil ekspolarasi potensi di kelurahan,” ucapnya.

Yuke menambahkan, pihaknya juga akan mempromosikan produk yang karya warga Kota Malang. “Kami di Disporapar juga punya event pameran ke luar kota. Tentu produk ini bisa dikurasi untuk nantinya dapat dibawa, kami pamerkan dan promosikan di luar Kota Malang,” ujar Yuke.

Lebih lanjut, Yuke menuturkan bahwa event seperti Jelang Julang ini juga dapat dimasukkan dalan kalender event Kota Malang. “Tentu akan terus kita support kegiatan semacam ini. Semoga bisa berkembang lebih baik lagi, sehingga bisa tereksplor semua potensi Kota Malang. Teman-teman juga bisa memanfaatkan MCC ini untuk menyelenggarakan event sehingga bisa juga menjadi salah satu destinasi wisata apalagi jika nanti bisa diselenggarakan secara rutin,” tutup Yuke. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content